Nilai Luhur Budaya Penting Bagi Pemulihan Ekonomi

Jalu Priambodo, Ketua IA ITB Jawa Barat menekankan pentingnya unsur budaya dalam menguatkan masyarakat di masa pemulihan pandemi. Hal ini disampaikan dalam acara Temu Wicara dengan Sultan XV Kasepuhan Cirebon, Pangeran Raja Adipati Luqman Zulkaedin pada Hari Minggu (2/5). Temu Wicara ini bertajuk “’Babad’ Perkembangan Peradaban di Cirebon, Tantangan Konektivitas & Peluang Kerjasama Pengembangan Parekraf Cirebon” . Kusyeryansyah bertindak sebagai moderator dalam temu wicara ini. Selain Sultan Sepuh XV, hadir pula narasumber yaitu;  M.Q. Iswara, Ivan P. Sadik, dan Puteri Indonesia Jawa Barat Jean Anastasia.

Jalu juga mengungkapkan bahwa, sektor pariwisata Jawa Barat bisa bertahan sebab, potensi wisatawan di dalam provinsi sendiri sudah sangat besar. “Warga Jawa Barat bisa saling kunjung ke objek wisata lain di Jawa Barat ketika ada pembatasan pergerakan, hal ini tidak dimiliki oleh pariwisata Bali”, tutur Komisioner KPID Jawa Barat ini.

M.Q. Iswara menambahkan bahwa nilai luhur dari Keraton Kasepuhan bisa menjadi magnet wisata budaya. “Keraton Kasepuhan telah berusia enam abad dan sering menjadi referensi keraton lain di tanah air, ini merupakan potensi yang sangat berharga”, ujar Sekjen IKA UNPAD ini. Iswara mengapresiasi pihak keraton yang terbuka dan sangat ramah terhadap tamu yang berkunjung, terlebih dengan dibukanya museum keraton yang modern. 

Dalam temu wicara ini diharapkan adanya kerja sama berkesinambungan antara pihak Keraton Kasepuhan dengan ikatan alumni universitas-universitas di Jawa Barat terkait perkembangan UKM maupun pariwisata. Sultan Sepuh menyambut hangat lawatan ini dan siap untuk bekerja sama una mengembangkan ekonomi rakyat.

Disela lawatan ini, diumumkan pula pengumuman pemenang Kompetisi Ulinpiadeuh. Kegiatan ini bertujuan untuk mengangkat kembali dan melestarikan permainan tradisional Jawa Barat yang hamper punah yaitu, “perepet jengkol”.  Daftar pemenangnya, adalah Juara 1 Fibri Abelli- Kab. Purbalingga, Juara II Angga Maulana- Cililin, Kab. Bandung Barat, Juara 3 Eni Ruhiyatin- Bumi Rancaekek Kencana, Juara Favorit Donna Restiana-Jl. Setiabudhi, Juara The Most Liked Video Mulyo Setio Budi-Kab. Purbalingga, Juara The Most Viewed Video Rahma Amalia- Kiaracondong. Pengumuman Kompetisi Ulinpiadeuh disaksikan oleh Sultan XV Kasepuhan Cirebon.

Diadakan pula penandatanganan MoU atau Perjanjian Kerja Sama bergabungnya IKA Unpar dengan kepanitiaan Jafest 2021. MoU ini ditanda tangani oleh MQ Iswara dan Ivan P. Sandik.

Lawatan ditutup dengan buka puasa bersama di Keraton. Hidangan yang disajikan adalah sajian khas Cirebon, seperti: nasi jamblang, mie koclok, empal gentong, tahu gejrot, dll. Hidangan ini persembahan istimewa dari dapur Keraton Kasepuhan.

JAFEST 2021 adalah kegiatan yang digagas oleh Ketua Umum IKA Unpad Teh Irawati Hermawan  dan bekerja sama dengan ILUNI UI, IA ITB, HA IPB dan IKA Unpar yang baru saja bergabung. Rangkaian acara ini dilaksanakan di Bogor, Bandung, Depok, dan Garut. Aacara ini didudukung penuh oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan pemerintah daerah-daerah di Jawa Barat.

Leave a Reply