Mulai Tahun Ini, Emil Wajibkan Tiap Kecamatan Miliki Mini Command Center

Oleh: JB-01

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Keinginan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil untuk mewujudkan smart city di Kota Bandung terus diupayakan.

Setelah sukses membangun command center bernilai sekitar Rp30 miliar dan mewajibkan setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) memiliki akun media sosial (medsos), mulai tahun ini, setiap kecamatan diwajibkan memiliki command center, meskipun dengan ukuran dan kapasitas yang lebih kecil.

Bahkan, Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil menyebutkan, pihaknya telah menyiapkan anggaran sebesar Rp100 juta bagi setiap kecamatan agar mini command tersebut bisa berdiri di setiap kecamatan.

“Nanti setiap kecamatan harus memiliki command center seperti yang ada di Balai Kota Bandung. Anggarannya juga sudah ada, setiap kecamatan dikasih Rp100 juta,” ungkap Emil kepada Jurnal Bandung di kawasan Jalan Cihampelas, Kota Bandung, Rabu (17/6).

‪Dia berharap, dengan adanya mini command center di setiap kecamatan, seluruh persoalan di Kota Bandung dapat ditangani mulai dari tingkat kecamatan, seperti halnya persoalan pedagang kaki lima (PKL) hingga kerusakan jalan.

“Sehingga, penanganannya pun akan lebih cepat,” ucap Emil.

Lebih jauh ‪Emil mengatakan, untuk menerapkan konsep smart city di Kota Bandung, sedikitnya dibutuhkan anggaran sekitar Rp200 miliar. Meskipun anggarannya terbilang cukup besar, Emil bertekad mewujukan Kota Bandung sebagai smart city, meskipun dengan cara bertahap.

“Sebab, smart city sangat mungkin diterapkan di Kota Bandung,” tandasnya.

Leave a Reply