Yuks Tajil pake Kerupuk Banjur

foto net
foto net

Jurnal Bandung – Berbagai jenis makanan khas saat bulan Ramadan banyak sekali. Namun jarang yang mengetahui bahwa ada sebuah kerupuk khas Ramadhan. Kerupuk tersebut dinamakan Kerupuk Banjur dalam bahasa Indonesia disebut kerupuk yang disiram.

Yang membedakan kerupuk banjur dan kebanyakan adalah bumbunya. Pasalnya kerupuk banjur tersebut disiram oleh kuah oncom yang rasanya gurih dan pedas. Kerupuknya sendiri ada dua jenis yaitu kerupuk yang berwarna merah ukurannya cukup besar, dan satu lagi warna kuning, ukurannya sama namun kerupuk yang warna kuning tersebut bentuknya seperti mie.

Meskipun rasanya sudah lembek karena disiram oleh air kuah oncom, namun kerupuk banjur tersebut masih banyak diminati oleh para pemburu tajil.

Terbukti didaerah Pajajaran banyak ditemui kerupuk banjur. Menurut Isye Nurlaela (35) warga asal Cimahi, dirinya sengaja ngabuburit ke daerah Pajajaran untuk membeli kerupuk banjur.

“Penjual kerupuk banjur sudah jarang sekali, padahal kerupuk banjur sangat pas buat menu tajil sesudah makan atau minum yang manis-manis. Rasanya yang gurih dan pedas membuat ketagihan,”katanya kepada Jurnal Bandung. Minggu (29/6)

Sementara itu Dede (54) penjual kerupuk banjur tersebut mengaku selalu ramai dikunjungi tiap sorenya.
“Alhamdulilah, dari tahun ke tahun saya jualan kerupuk banjur selalu habis. Disini saya jualan gorengan sama kerupuk banjur, namun kerupuk banjur selalu laris manis tanpa sisa,”katanya.

Share This

Leave a Reply