Wejangan Wapres Untuk Pamong Praja Muda

Oleh : Yuga

Jurnalbandung.com – Setelah memempuh pendidikan selama empat tahun lamanya, sebanyak 744 pamong praja muda dilantik oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla di kampus IPDN, Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Selasa (6/8).

Dalam sambutannya, Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan, para pamong praja muda yang sudah dilantik harus amanah dalam menjalankan tugas.

“Harus mengabdi untuk Masyarakat dan negara,” tegas Jusuf Kalla.

Dia mengatakan para pamong praja ini juga tidak boleh mengedepankan kepentingan daerah dibandingkan kepentingan negara dalam menjalanan tugas.

“Jangan mementingkan daerah masing-masing, tapi kepentingan bangsa harus dikedepankan. Karena itulah anda tidak ditugaskan di daerah asal, tapi di daerah lain,” katanya.

Di tempat yang sama, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebut pamong praja IPDN angkatan 26 ini terdiri dari 479 putra dan 265 putri. Nantinya, mereka akan ditempatkan di daerah lain dengan masa tugas setidaknya dua tahun.

“Dengan sistem cross province, khususnya di daerah perbatasan untuk menghadirkan pemerintahan yang profesional, dekat dengan masyarakat, berdedikasi, dan memiliki tanggungjawab yang tinggi,” katanya. Dia optimistis mereka mampu menghadirkan birokrasi yang memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Selain telah ditempa pendidikan selama empat tahun, menurutnya para pamong praja muda ini telah mengikuti pekan integrasi dan perjuangan bersama taruna TNI dan polisi. “Di sana mereka dilatih mental, kedisiplinan, kesamaptaan, Pancasila, serta perang melawan narkoba, dan korupsi,” katanya.

Sementara itu Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang juga turut hadir dalam pelantikan tersebut mengatakan, dengan adanya konsep baru bagi lulusan IPDN ini bisa melunturkan ego kedaerahan.

“Mudah-mudahan dari situlah penguatan persatuan Indonesia, semakin menguat dan tidak ada lagi ego daerah tapi lebih kepada Negara Republik Indonesia,” katanya.

Share This

Leave a Reply