Waspada Beras Sintetis Beredar di Jabar

Waspada Beras Sintetis Beredar di Jabar   Oleh: Redaksi

Waspada, Beras Sintetis Beredar di Jabar
Foto Net

Jurnal Bandung – Masyarakat di Jawa Barat, termasuk di Kota Bandung diimbau mewaspadai peredaran beras sintetis yang terbuat dari bahan plastik.

Imbauan tersebut disampaikan menyusul ditemukannya beras sintetis dari bahan plastik di wilayah Bekasi Timur. Beras palsu tersebut bentuknya menyerupai beras asli, namun berbeda saat dimasak.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jabar Ferry Sofwan mengungkapkan, penemuan beras sintetis tersebut diawali informasi yang diterimanya dari media sosial.

“Syukur sudah diketemukan (beras plastik). Artinya sudah ketangkap, ketahuan. Bisa kita telusuri,” ujar Ferry dalam keterangan tertulis yang diterima Jurnal Bandung, Selasa (19/5).

Setelah mendapati laporan itu, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Badan Ketahanan Pangan untuk mencari tahu keberadaan beras berbahaya tersebut.

“Konsumen perlu dilindungi, beras kok dicampur plastik. Kan plastik barang yang tidak boleh dikonsumsi karena akan sangat berbahaya kepada kesehatan,” tegasnya.

Menurut Ferry, beras sintetis mudah beredar di Jabar karena masyarakatnya memiliki tingkat konsumsi beras yang sangat tinggi.

Beras sintetis disinyalir masuk ke Indonesia secara ilegal dan diduga masuk melalui pelabuhan-pelabuhan kecil di Pantai Timur Sumatera yang terbilang minim penjagaan.

“Jabar pasar potensial, sehingga rentan dengan barang selundupan seperti beras plastik hingga baju bekas,” pungkasnya.

Share This

Leave a Reply