Warga Tidak Perlu Resah, Beras Sintetis Tak Ditemukan di Kota Bandung

Oleh: JB-02

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Warga Kota Bandung tak perlu resah dengan maraknya pemberitaan terkait dugaan peredaran beras sintetis yang terbuat dari plastik.

Sebab, berdasarkan pantauan dan pengujian langsung terhadap beras yang dijual di distributor beras, pasar tradisional, dan pasar modern di Kota Bandung, tidak ditemukan adanya peredaran beras plastik tersebut.

Kemarin, Kamis (21/), Dinas Pertanian dan dan Ketahanan Pangan (Distan KP) Kota Bandung, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Bandung, Diskoperindang UKM Kota Bandung, dan Polrestabes Bandung menggelar inspeksi mendadak (sidak) di tiga tempat yakni distributor beras di kawasan Jamika, pasar tradisional Kiaracondong, dan pasar modern Carrefour Kiaracondong.

Hasilnya, tim gabungan tidak menemukan peredaran beras sintetis. Selain itu, beras yang dijual di ketiga tempat tersebut juga dinyatakan negatif dari kandungan bahan kimia berbahaya.

“Alhamdulillah beras sintetis yang dikhawatirkan masyarakat, negatif. Tidak ada beras sintetis yang beredar di Kota Bandung. Kita juga tes dengan chlorine tes dan tes kekerasan, alhamdulillah negatif. Tidak ada beras sintetis,” ungkap Kepala Distan KP Kota Bandung kepada Jurnal Bandung Elly Wasliah.

Oleh karena itu, Elly meminta warga Bandung tidak resah dengan maraknya pemberitaan terkait peredaran beras sintetis.

“Namun begitu, kami tetap mengimbau agar warga tetap waspada dengan melihat ciri-ciri beras secara kasat mata sebelum membelinya,” ucapnya.

Share This

Leave a Reply