Wagub Uu Sebut Indramayu Jadi Prioritas Penanganan Kekeringan

Oleh : Yuga

Jurnalbandung.com – Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menyebut Kabupaten Indramayu menjadi prioritas dalam penanganan kekeringan.
Memasuki musim kemarau ini, Uu mengatakan, lahan persawahan di Kabupaten penghasilan buah gedong tersebut mengalami gagal panen karena kekeringan.
“Yang menjadi prioritas kami harus dibantu adalah wilayah Indramayu karena sawahnya kebanyakan tak ada hujan dan irigasinya belum begitu maksimal, artinya kami fokus ke wilayah Indramayu,” ujar Uu.
Lanjut Uu, prioritas pembenahan irigasi di Indramayu berupa penambahan mesin dan optimalisasi saluran irigasi.
“Bantuan kepada mereka yang membutuhkan sudah diberikan berupa pipa mesin dan yang lainnya,” katanya.

 

Uu menambahkan, permasalahan kekeringan saat ini terjadi di beberapa wilayah di antaranya kawasan Utara dan Timur Jawa Barat. Bahkan, pihaknya sudah mendapat permintaan dari masing – masing Pemda untuk penyediaan irigasi.

 

“Kalau yang sudah minta banyak, hampir seluruh kabupaten sudah minta, tetapi harapan kami jangan semua neumbleuhkeun (jangan terlalu mengandalkan) ke Provinsi. Walikota dan Bupati juga minimal bisa mengabulkan keinginan mereka, harapan kami pihak kabupaten kota sebelum meminta kepada Pemprov tolong dipenuhi oleh pemerintah yang ada di daerah. Kalau sudah tidak sanggup, baru minta bantuan kepada kami karena kami mengurus se-Jawa Barat,” katanya.

 

“Kalau sekarang kritis hanya untuk lahan pertanian atau persawahan, tapi belum kepada kritis untuk kebutuhan rumah tangga, artinya kebutuhan rumah tangga sampai hari ini aman cuma banyak sawah yang kering yang sudah ditanami tidak ada airnya dan tidak bisa tumbuh dengan baik,” tambahnya.

Share This

Leave a Reply