Wagub Sebut Seharusnya Jabar Punya 40 Kota/Kabupaten

Oleh : Redaksi

Jurnalbandung.com – Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat berencana akan membuat 12 Daerah Otonomi Baru (DOB).
Bukan tanpa alasan, sebagai provinsi terbesar di Indonesia ini, menurut wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum, Jabar ini terlalu besar, jumlah penduduk hampir 50 Juta jiwa dengan 5.500 desa namun sampai saat ini masih memiliki 27 Kab/kota.
Ia menilai jika dibandingkan dengan provinsi lain seharusnya Jabar minimal memiliki 40 Kabupaten/Kota.
“Karena itu Kami sedang berusaha melahirkan 12 DOB tujuannya untuk mewujudkan Jabar Juara lahir batin,”kata Uu pada kegiatan Safari Ramadhan di Masjid Agung Kabupaten Purwakarta, Rabu sore (15/5)
Uu mengaku dalam proses pengajuan DOB tersebut masih menunggu moratorium Peraturan Pemerintah. Meskipun beredar kabar bahwa moratorium itu akan dicabut.
“Mohon do’a restu masyarakat Jabar agar lahir DOB untuk menjawab segala permasalahan yang ada di Jabar,”ujarnya
Pemdaprov Jabar sendiri kini tengah fokus menggarap pembangunan di wilayah pedesaan. Berdasarkan visi misi Jabar Juara lahir Batin tercantum program gerbang desa, desa patriot satu desa satu produk, digitalisasi pelayanan desa dan sebagainya yang bertujuan untuk melayani masyarakat desa secara maksimal.
Selain itu, lanjut Uu, pihaknya terisnpirasi perjuangan Rosululloh SAW yang hijrah ke Madinah dengan membangun Masjid Kuba di wilayah pedesaan. Hal ini dijadikan contoh Jabar dalam membangun pedesaan.
“Maka sebuah hal yang wajar, jika Jabar dengan mayoritas penduduk muslim kalau perjuangan Rosululloh SAW dijadikan contoh dalam membangun Jawa Barat,”ungkapnya

Share This

Leave a Reply