Wagub Nilai Yance Beri Manfaat Besar bagi Warga di Pulau Jawa dan Bali

Oleh: Yuga Khalifatusalam

foto net
foto net


Jurnal Bandung – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan, proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Sumur Adem di Indramayu sangat bermanfaat bagi masyarakat di pulau Jawa dan Bali. Bahkan, proyek tersebut menurutnya sangat luar biasa.

“Saya kira manfaatnya sangat luar biasa, ada 990 Mega Watt (listrik) untuk Jawa dan Bali. Kalau berbicara masalah manfaat,” kata Deddy kepada Jurnal Bandung di Gedung Sate Bandung, Selasa (10/2).

Namun, Deddy mengaku bingung dengan proyek PLTU tersebut dimana pada akhirnya menyeret mantan Bupati Indramayu, Irianto MS Syafiuddin atau yang akrab disapa Yance ke meja hijau.

Pasalnya, kata Deddy, Yance hanya menjalankan tugas dari Wakil Presiden Jusuf Kalla saat itu.

“Itu kan perintah pak JK waktu jadi Wapres (Pemerintahan SBY) kan, tapi latar belakangnya apa bisa menjadi masalah, saya juga bingung. Ini perintah Wakil Presiden, tapi malah disalahkan,” ungkapnya.

Deddy khawatir para kepala daerah nantinya enggan menjalankan tugas dari Presiden dan Wakil Presiden jika kasus yang dialami Yance ini dibiarkan dan berlarut-larut.

“Jangan-jangan kita semua gak mau menjalankan perintah Presiden dan Wakil Presiden kalau ujung-ujungnya kaya gini,” ucapnya.

Deddy pun berharap, keadilan berpihak kepada Yance. Sebab, menurutnya Yance telah memberikan manfaat yang luar biasa  kepada masyarakat di pulau Jawa dan Bali.

“Jangan ada muatan politis dalam menentukan hukum, harus subjektif lah karena proyek ini sangat bermanfaat sekali. Tinggal nanti bagaimana pengolahan limbah batu baranya, karena rencananya mau dikembangkan lagi kan,” tandasnya.

Leave a Reply