Wagub Jabar Pastikan UNBK Berjalan Lancar

Oleh : Yuga Khalifatusalam
Jurnalbandung.com – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar memastikan kelancaran Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA di Jawa Barat berjalan dengan lancar pada 10-13 April 2017. Mantan aktor kawakan ini mengakui masih ada hambatan dibeberapa sekolah sehingga tidak bisa melaksanakan UNBK.

Namun meskipun begitu, pihak SMA yang tidak bisa melaksanakan ujian bisa melaksanakan di sekolah terdekat. “Sejumlah SMA yang tidak bisa menyelenggarakan UNBK di sekolahnya akibat hambatan, dapat mengikuti ujian tersebut di sekolah terdekatnya,” kata pria yang akrab disapa Demiz saat ditemui disela kunjungannya di Kabupaten Garut, Senin (10/4).

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa kegiatan UNBK diharapkan bisa dilaksanakan diseluruh sekolah SMA/SMK/Aliyah di seluruh Jawa Barat. Sejauh ini menurut Demiz, kendala yang dihadapi sekolah dalam penyelenggaraan UNBK tersebut adalah penyediaan sarana seperti komputer dan jaringannya.

“Dengan ujian menggunakan komputer ini, SMA dan SMK bisa menghemat biaya cukup besar. Tidak ada penggunaan kertas. Alhamdulillah berdasarkan pemantauan hari pertama, semua berjalan tertib dan lancar,” katanya.

Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, sebanyak 196.768 siswa SMA/MA dan sederajat di 1.549 sekolah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017 yang akan dilaksanakan pada 10-13 April 2017.

Jumlah peserta Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) SMA/MA dan sederajat pada 2017 di Jawa Barat sebanyak 47.592 siswa yang tersebar di 1.113 sekolah. Sejumlah kota dan kabupaten telah menyelenggarakan UNBK di seluruh SMA, di antaranya Kota Bandung, Depok, Bogor, Cirebon, Banjar, dan Sukabumi.

Leave a Reply