Vasektomi, Pilihan Tepat Bagi Suami-Suami Bijaksana

Oleh: Redaksi

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Vasektomi diyakini bisa menjadi solusi yang efektif untuk menghindari kehamilan yang berisiko. Bahkan, vasektomi disebut-sebut sebagai pilihan tepat bagi suami-suami bijaksana.

Betapa tidak, tindakan kontrasepsi khusus laki-laki tersebut mampu menghilangkan risiko kematian pada ibu yang memiliki risiko untuk hamil. Selain itu, vasektomi pun mampu menghilangkan hegemoni terkait alat kontrasepsi yang selama ini identik dengan kaum perempuan.

Namun begitu, masih banyak suami yang mengkhawatirkan tindakan kontrasepsi permanen yang juga dikenal dengan nama metode operasi pria (MOP) ini. Padahal, vasektomi aman dilakukan. Selain itu, tidak ada larangan untuk menjalani vasektomi, terlebih jika kondisinya sudah darurat.

“Dari sekitar 7 juta pasangan usia subur di Jabar, 71%-nya sudah ber-KB, namun mayoritas pesertanya memang ibu-ibu. Hanya sekitar 2% saja laki-laki yang ber-KB,” ungkap Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sugilar dalam Pertemuan Peningkatan Kepesertaan KB Pria Melalui Tokoh Agama Tingkat Provinsi Jabar di Park Hotel, Jalan PHH Mustofa, Kota Bandung, Rabu (2/9).

Dari total peserta KB laki-laki yang jumlahnya sekitar 2% itu, lanjut Sugilar, sekitar 1,6%-nya menggunakan kondom, sementara vasektomi sisanya. Diakuinya, minat suami untuk menjalani tindakan vasektomi memang masih rendah.

“Jika dilihat, setiap tahun, tren vasektomi relatif kecil dan masih jauh dari harapan. Padahal, vasektomi merupakan pilihan yang bijak untuk mencegah kehamilan,” ucapnya.

Share This

Leave a Reply