Usai Keliling Jabar Selatan, Aher Ingin Jadikan Jabar Selatan Kawasan Ruang Terbuka Pubik Terpanjang di Dunia

Oleh: Yuga Khalifatusalam
foto net
foto net
Jurnal Bandung – Serasa jalan-jalan di Eropa, itu yang diungkapkan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan usai menyusuri jalan di Jabar Selatan. ‎Bagaimana tidak, pria yang akrab disapa Aher ini begitu dimanjakan dengan pemandangan dikanan dan kiri. Selain itu, didukungan jalan yang sangat bagus. “Rarasaan (serasa) di Eropa, jalannya ngageleseur (enak licin),” katanya kepada jurnalbandung.com saat ditemui usai keliling Jabar Selatan. Senin (3/1).
Aher menjelaskan, saat ini kondisi di Jabar Selatan sudah banyak kemajuan dibandingkan tahun 2008 silam. Dari tahun ke tahun lanjut Aher selalu ada kemajuan, baru di tahun 2014 ada kemajuan yang signifikan. “Nanti mudah-mudahn di tahun 2018 sudah ada penyempurnaan,” paparnya.
Lebih lanjut Aher menginginkan Jabar Selatan ini menjadi sebuah kawasan pantai yang terpelihara. Sehingga bisa menjadikan kawasan wisata pantai yang membentang dari pantai Pangandaran hingga pantai Pelabuhan ratu di Kabupaten Sukabumi. “Saya berharap Jabar Selatan ini menjadi sebuah kawasan pantai yang terpelihara, disamping itu menjadi kawasan pantai yang membentang dari Pangandaran sampai Pelabuhan Ratu. Disaat yang bersamaan Jabar Selatan menjadi ruang publik terpanjang di dunia,” katanya.
Nantinya, tidak ada lagi rumah-rumah dipinggir jalan‎ yang menutupi keindahan pantai. Karena kedepan lanjut Aher, warga yang memiliki rumah di pinggir pantai akan direlokasi disebuah kawasan perumahan.
“Karena sebenarnya, masyarakat harus hidup disebuah kawasan. Akan lebih sehat dan bagus untuk bersosialisasi. Selain itu seharusnya tidak boleh ada rumah di kawasan bibir pantai, itu pasti tanpa di ijin,” katanya.
Dia berharap untuk menjadikan Jabar selatan menjadi kawasan wisata yang nyaman bisa segera direalisasikan. Oleh karena pihaknya akan segera membentuk tim terpadu untuk kawasan Jabar Selatan. “Mudah-mudahan anak cucu kita sudah bisa menikmati indahnya kawasan Jabar Selatan ini. Kita akan segera ‎membuat tim terpadu perencanaan kawasan selatan. Nanti akan kita lihat bentuk pantainya seperti apa. Kita akan coba Jabar Selatan dikembangkan. Kita punya para ahli dalam bidang ini karena kita punya universitas terbagus di Indonesia,” pungkasnya.
Share This

Leave a Reply