Unggul di Survey, Pengamat Nilai Program Hasanah Relevan

Oleh : Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Paslon Cagub TB Hasanuddin – Anton Charliyan menempati posisi pertama dalam hasil survei yang dilakukan oleh Ilma Research dan Consulting.

Akademisi dan Pengamat Sosial Lingkungan Dr. Harjoko menilai, hasil survei ini tidak mengada-ada, menurutnya, sejauh ini hanya program Paslon Cagub Hasanah yang mampu diserap oleh warga Jabar.

“Contohkan tentang program penyelesaian masalah Sungai Citarum di Jawa Barat. Hasanah, menawarkan TURKAMLING yang menekankan pada penegakan hukum dan partisipasi warga,” katanya.

Harjoko memaparkan, program lingkungan Hasan, dinilai tepat untuk mengatasi permasalahan lingkungan di Jawa Barat.

Menurutnya, masyarakat pada dasarnya memiliki kaitan langsung terkait kebersihan aliran sungai.

Sehingga, melalui pembinaan masyarakat tepat, pemerintah akan mampu mengontrol kebersihan lingkungan untuk jangka panjang.

Selain itu, lanjut Harjoko, pemanfaatan sampah yang masih bisa didaur ulang menjadi energi terbarukan menjadi langkah cerdas yang dilakukan oleh Kang Hasan, dalam mengurangi polusi sampah, sekaligus memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Program Kang Hasan terkait lingkungan saya kira sangat tepat, karena masalah Jabar sebagai daerah yang kaya akan DAS (Daerah Aliran Sungai) dan urusan lingkungan menjadi hal yang vital, dan partisipasi masyarakat sangat ditunggu,” paparnya.

Namun Harjoko mengingatkan, harus ada sikap tegas dari Gubernur yang akan datang, mengenai pelanggran hukum yang mencemari lingkungan.

Misalnya saja, pembuangan limbah yang langsung ke sungai, serta perilaku masyarakat yang belum mematuhi aturan dalam membuang sampah sembarangan. Harjoko menilai, di tangan dua Jendral, seperti Kang Hasan dan Kang Anton, masalah penegakan hukum bisa teratasi dengan baik.

“Saya mendengar, bahwa Penegakan hukum dari perusahan industri-industri yang melanggar aturan, akan jadi prioritas dari Pak Hasan dan Pak Anton, dan itu bagus,” ujarnya.

Share This

Leave a Reply