Ubah Imej Seram dan Menakutkan, Pemkot Rumputisasi Seluruh Pemakaman

Oleh: Ferry Prakosa

foto net
foto net


Jurnal Bandung – Pemkot Bandung ingin mengubah imej pemakaman yang seram dan menakutkan menjadi seperti taman. Untuk mewujudkannya, Pemkot Bandung melalui Dinas Pertamanan dan Pemakaman akan melakukan rumputisasi pada makam-makam yang ada di Kota Bandung.

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman Kota Bandung Arief Prasetya mengatakan, untuk tahap awal, pihaknya akan menanam rumput di setiap pemakaman.

“Tahap demi tahap akan dirumputisasi semua,” katanya kepada wartawan saat ditemui di Bandung, Rabu (29/10).

Meskipun saat ini ada pemakaman yang sudah ditanami rumput, namun menurutnya, rumputisasi pada makam itu hanya sebatas per blok saja. Ke depan, kata Arief akan dilakukan secara keseluruhan.

Arief menganggap rumputisasi pemakaman merupakan upaya lain untuk memperluas ruang terbuka hijau (RTH). Sebab, rumputisasi pun sangat penting untuk resapan air.

“Rumputisasi sangat penting untuk resapan air,” tegasnya.

Karena makam dianggap penting untuk resapan air, di Kota Bandung, para developer atau pengembang yang akan mengembangkan usahanya wajib menyumbang 2 persen lahannya untuk digunakan sebagai makam.

“Setiap developer 2 persen. Jadi pengembang wajib menyumbang 2 persen untuk lahan makam,” sebutnya.

Arief mengakui, hingga saat ini, Pemkot Bandung memang belum memiliki makam khusus bagi pegawai negeri sipil (PNS) seperti yang dimiliki Pemprov Jabar di daerah Sumedang.

“Tidak mengkhususkan untuk itu. Kami punya 12 TPU (tempat pemakaman umum), jadi masih bisa
melayani,” kilahnya.

Share This

Leave a Reply