Tumpahan Minyak di Laut Karawang, Gubernur Pastikan Semuanya Segera Diselesaikan

Oleh : Yuga

Jurnalbandung.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta masyarakat pesisir utara Kabupaten Karawang dan Bekasi untuk tetap tenang dalam menghadapi masalah tumpahan minyak dari kegiatan eksplorasi Pertamina Hulu Energi Offhsore North West Java (PHE ONWJ) di lepas Pantai Cilamaya.

 

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, PT Pertamina sendiri akan sedang menyelesaikan tumpahan minyak tersebut dengan mendatangkan ahli dari Amerika Serikat.

 
Gubernur yang akrab disapa Emil ini mengatakan PT Pertamina sudah mendatangkan ahli dari Amerika Serikat untuk mengatasi masalah di perairan utara Karawang tersebut.

 
Emil menjelaskan bahwa tumpahan minyak ini terjadi akibat kebocoran saat pengeboran minyak bumi. Untuk bisa menutupi kebocoran tersebut, katanya, dibuat lubang dari arah lain sampai lokasi kebocoran.

 
“Sekarang baru 30 persennya, sisa pengeboran 70 persen lagi. Kita doakan, 10 sampai 14 hari lagi bisa sampai 100 persen. Dimohon kesabarannya, sambil berdoa,” kata Emil saat mengunjungi lokasi minyak tumpah di Desa Cemarajaya, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, Rabu (7/8).

 

 

Emil berharap PT Pertamina tidak hanya memberikan ganti rugi kepada warga terdampak kebocoran minyak di perairan utara Karawang tersebut. Warga yang telah mengalami gangguan psikologis, katanya, harus diberikan ekstra.

 
“Tidak usah khawatir, semua yang sifatnya kerugian, selama wajar dan sesuai apa adanya, itu akan diganti. Saya harap Pertamina tidak hanya ganti rugi, tapi ganti ekstra karena ada dampak psikologis yang harus dihitung,” kata Emil.

 

 

Emil mengatakan telah menugaskan Bupati Karawang dan Bupati Bekasi untuk membentuk tim khusus yang bertugas mendata kerugian masyarakat akibat musibah yang dialami oleh perusahaan tersebut.

Share This

Leave a Reply