Tol Soroja Siap Beroperasi, Iwa Karniwa : Saat Ini Pembangunan Sudah Mencapai 98,88 Persen

Oleh : Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com  – Sekda Jabar Iwa Karniwa berencana akan langsung mengecek langsung perkembangan pembangunan jalan tol Soreang – Pasir Koja (Soroja).  Iwa mengatakan, saat ini kondisi tol Soroja sudah mencapai  98,88 persen.

“Konstruksi bisa dikatakan sudah selesai, tinggal tahap akhir. Pengerjaan lainnya lebih ke kelengkapn jalan, seperti pemasangan barrier, rumput, rambu, saluran U-Ditch, Pagar ROW, Pondasi PJU dan pemasangan kilometer post,” kata Iwa saat ditemui di Gedung Sate, Rabu (8/11).

Jalan tol soroja mencapai 10,55 km. Dari panjang itu, main road tol tersebut sepanjang 8,85 km dengan Exit tol tersebar di lima titik. Yakni, exit tol Marga Asih Barat, exit tol Marga Asih Timur, exit tol Kutawaringin Barat, exit tol Kutawaringin Timur dan exit tol Soreang.

“Tol Sororja sudah sangat siap untuk beroperasi. Tinggal final check saja. Menunggu dari BPJT untuk penilaian,” terangnya.

Terkait tarif tol, Iwa mengatakan hal itu dibahas setelah BPJT memberikan rekomendasi usai penilaian.

“Setelah laik fungsi, langkah selanjutnya penentuan tarif. Itu bukan kewenangan kami. Tapi yang penting, pertimbangannya wajar. Investor mendapat keuntungan wajar, dan masyarakat mendapatkan harga wajar,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut dia meyakini bahwa tol Soroja ini akan beroperasi secara normal pada akhir November, dia juga berharap saat peresmian nanti bisa dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo.

“Insyaalloh akhir bulan ini sudah bisa beroperasi, kita harapkan saat peresmian nanti bisa dihadiri oleh Pak Presiden,” tandasnya.

Share This

Leave a Reply