Tol Soroja Masih Terganjal Seabreg Persoalan

Oleh: Redaksi

Jurnalbandung.com – Berbagai persoalan masih menghambat pembangunan Tol Soreang Pasirkoja (Soroja). Akibatnya, pembangunan tol tersebut tak kunjung selesai.

Hingga April 2017, progres pembangunan kontruksi baru mencapai 71,042% atau hanya naik sekitar 6% dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 65%. Hingga April, pekerjaan struktur mencapai 98%, sementara timbunan tanah baru 67%.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Iwa Karniwa menerangkan, berbagai persoalan yang menghambat pembangunan, di antaranya pembebasan lahan yang masih bermasalah.

Kondisi tersebut bahkan memaksa PT Citra Marga Lintas Jabar (CMLJ) sebagai pengembang merancang ulang lokasi Citeureup dan Tegal Caang karena lahan yang tersedia tidak mencukupi.

“Selain itu, ada satu masjid yang harus dibangun, namun masih menunggu tahapan pembangunannya,” sebut Iwa di Bandung, baru-baru ini.

Iwa melanjutkan, kendala lain yang dihadapi adalah kondisi cuaca yang terus didominasi hujan.

Bahkan, pengadaan tanah untuk timbunan pun juga terkendala. Pasalnya, tambang galian C tempat tanah tersebut diambil belum berizin, sehingga sering timbul persoalan.

Selain itu, jarak dari tambang menuju proyek pun sempit, sehingga menyulitkan pengangkutan.

“Kami berharap Soroja ini cepat selesai, tapi fenomena di lapangan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan,” ujarnya.

Diakui Iwa, meski pembangunan ruas tol sepanjang 10,55 km itu terkendala berbagai persoalan teknis di lapangan. Namun, terkait anggaran, Iwa memastikan tak ada kendala apapun.

“Makanya, kami berharap semua pihak duduk bersama bahwa Soroja ini untuk kepentingan bersama,” katanya.

Leave a Reply