Tinjau Gunungan Sampah Ciledug, Cagub Hasan Siap Wujudkan TPA Regional

Oleh : Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Calon Gubernur Jawa Barat TB Hasanuddin alias Hasan meninjau Tempat Pembuangan Akhir (TPA)  Ciledug Kabupaten Cirebon.

Hasan merasa prihatin dengan kondisi TPA di Kabupaten Cirebon tersebut, bagaimana tidak saat ini sampah semakin menggunung tinggi, selain merusak lingkungan, sungai Cisanggarung ikut tercemari.

Menurut Cagub yang diusung oleh PDIP ini, sudah saatnya TPA Ciledug memiliki lahan baru, agar tidak mengganggu kenyamanan masyarakat, serta tidak menimbulkan berbagai penyakit.

“Ini terlalu dekat dengan Jalan umum, paling tidak 4 kilo dari jalan umum. Ini harus kita siapkan TPA yang baru,” ungkapnya, saat berbincang dengan aktifis peduli lingkungan di daerah tersebut, Senin (7/5).

Dia menegaskan, keadaan tersebut tidak boleh dibiarkan terus berlanjut. Karena itulah pihaknya akan segera mendorong Pemerintah Provinsi Jabar agar merealisasikan pembangunan TPA Regional Cimajayukuning yang sudah lama di gagas.

“Informasi Valid yang saya dapatkan sudah ada nota kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Cirebon dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, terkait TPA regional. Bahkan sudah ada perdanya. Tapi hingga saat ini belum juga terwujud,” tegas Hasan.

Jika terpilih menjadi Gubernur, Hasan mengaku siap merealisasikan TPA regional.

“Kalau dibiarkan seperti ini, yang rugi adalah masyarakat, kalau memang tidak ada tindak lanjut, saya yang akan merealisasikan TPA regional itu,” tegasnya.

Share This

Leave a Reply