Tingkatkan Daya Saing, Emil Ingin SKPD Kuasai Bahasa Inggris

Oleh: Ferry Prakosa

foto net
foto net


Jurnal Bandung- Kemampuan bahasa Inggris personel Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) Pemerintah Kota Bandung dinilai pas-pasan. Hal ini dilontarkan langsung oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

“Kemampuan berbahasa Inggrisnya masih pas-pasan,” ungkap Emil, sapaan akrabnya di Balai Kota Bandung, Kamis (8/1).

Lemahnya kemampuan pegawai negeri sipil (PNS) dalam berbahasa Inggris ini dikhawatirkan mengurangi daya saing dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Emil menilai, dengan ditingkatkannya kemampuan bahasa Inggris, PNS di bawah pimpinannya ini akan lebih percaya diri dalam menyongsong MEA.

“Karena barier pertama kan bahasa, bahasa tidak dikuasai, peluangĀ  ekonomi juga enggak jalan,” tutur Emil.

Oleh karena itu, untuk menaikan mutu dan kualitas berbahasa Inggris PNS di lingkungan Pemkot Bandung, Emil terus menggencarkan program Kamis English.

Pemkot Bandung pun menggandeng tiga institusi pendidikan bahasa Inggris yang ada di Kota Bandung untuk menjadikan Kamis English menjadi lebih masif.

“Bekerja sama secara intensif dengan STBA, dengan Lia, dengan TBI. Kita sudah MoU untuk melakukan Kamis English PNS ini jadi lebih masif,” ujarnya.

Selain untuk para PNS di SKPD, Emil pun mengimbau masyarakat melalui Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Bandung untuk mengarahkan radio yang ada di Kota Bandung agar penyiarnya berbahasa Inggris.

“Sehingga dengan begitu masyarakat ikut termotivasi,” tandasnya.

Leave a Reply