Tim Gabungan Polres dan Kodim Sumedang Gelar Operasi Cipta Kondisi

Oleh: Dadan Burhan AA

Jurnalbandung.com- Tim gabungan Polres Sumedang, Polsek Sumedang Selatan, dan Kodim 0610/Sumedang menggelar operasi cipta kondisi kendaraan yang melintas di Bundaran Binokasih, Sumedang kota, Sabtu (27/01) malam.

Operasi dimulai sejak pukul 21.00 hingga 23.30 WIB, hasil dari operasi pun puluhan pelanggar lalu lintas berhasil diamankan oleh petugas gabungan.

Kapolsek Sumedang Selatan Kompol Dilam mengatakan, digelarnya operasi gabungan selain untuk mempersempit ruang gerak pelaku tindak kejahatan, operasi cipta kondisi digelar juga dalam rangka menjaga Sumedang tetap kondusif jelang kontestasi Pilkada Sumedang 2018.

“Operasi kali ini dilakukan untuk mengurangi ruang gerak tindak kejahatan seperti C3 (Curas, Curat dan Curanmor), juga sebagai upaya menjaga Sumedang tetap kondusif jelang Pilkada 2018,” ungkap Dilam yang memimpin operasi gabungan tersebut didampingi Kapten Inf. Endang Isa dari Kodim Sumedang, Sabtu malam.

Dilam menuturkan, puluhan pelanggar yang terjaring langsung ditindak. Mayoritas pelanggaran didominasi oleh pengendara yang tidak membawa surat kelengkapan berkendara.

“Pelanggaran didominasi yang tidak membawa kelengkapan surat berkendara. Alhamdulillah, operasi berjalan lancar, dan diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan para pengguna kendaraan bermotor yakni dalam melengkapi surat-surat kendaraan serta kelengkapan kendaraan,” tuturnya.

Sementara, Kapten Inf. Endang Isa menuturkan, Kodim 0610/Sumedang menurunkan 18 personel bersenjata lengkap, dalam mengawal operasi cipta kondisi ini.

“Kami hanya mengawal jalannya operasi untuk membantu kelancaran dan menjaga keamanan selama operasi berlangsung,” katanya.

Bahkan, tim gabungan pun selain menggelar razia di Bundaran Binokasih, para petugas gabungan pun melakukan patroli mengelilingi ruas jalan Sumedang Kota.

Hal ini dilakukan untuk memantau situasi malam Minggu di wilayah Sumedang untuk meminimalisasi tindak kriminal.

Share This

Leave a Reply