Tim Asesor UNESCO Sebut Ciletuh Dari Semua Aspek Bagus

Oleh : Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menerima Tim Asesor UNESCO Global Geopark di Aula Setda Kabupaten Sukabumi.

Dalam pertemuan tersebut, Deddy Mizwar berbincang sedikit dengan tim asesor tersebut yang berasal dari Korea Selatan dan Rumania.

“Tadi berbincang dengan tim asesor. Mereka terpukau dengan terlibatnya masyarakat dalam persiapan menuju global Geopark,” katanya saat ditemui di Kabupaten Sukabumi, Jumat (4/8).

Mantan aktor kawakan ini optimis jika Geopark Ciletuh bisa masuk menjadi Global Geopark. Pasalnya semua infrastruktur sebagai persyaratan sudah hampir bisa diselesaikan.

“Targetnya tahun ini semuanya selesai. Kita optimis Ciletuh dinobatkan sebagai Global Geopark,” katanya.

Sementara itu Penilai dari organisasi Pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan PBB itu diwakili oleh Alexandru Andrasanu dari Rumania dan Soo Jail Lee dari Korea Selatan.

“Ciletuh dari semua aspek alam sangat bagus dan memenuhi persyaratan. Apalagi masyarakatnya yang aktif terlibat mendukung terwujudnya Ciletuh menjadi Global Geopark Network,” terangnya saat ditemui di Aula Setda Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

Pria berkepala plontos itu mengaku tidak bisa menjelaskan detil penilaian. Hanya saja, hasil penilaian akan didiskusikan di pertemuan Badan UNESCO di Tiongkok bulan September mendatang.

“Setelah dari China, bulan Desember akan ada pengumuman apakah ciletuh diterima, ditunda atau ditolak menjadi Global Geopark Network,” ucapnya.

Di lain pihak, Pemerintah Provinsi Jawa Barat optimistis Ciletuh yang sudah menjadi Geopark Nasional pada 2015 lalu bisa menjadi Global Geopark Network yang diakui UNESCO.

Share This

Leave a Reply