Tiga Bulan Menunggak, Pengelola Mall PVJ Akhirnya Lunasi Retribusi Sampahnya

Oleh: Redaksi

Foto Istimewa
Foto Istimewa

Jurnal Bandung – Pasca inspeksi mendadak yang dilakukan Perusahaan Daerah (PD) Kebersihan Kota Bandung ke Mall Paris Van Java (PVJ), pihak pengelola mall akhirnya menepati janjinya menemui jajaran PD Kebersihan Kota Bandung, Senin (11/7).

Selain menepati janjinya datang ke kantor PD Kebersihan Kota Bandung, pengelola mall juga sepakat membayar retribusi sampah kepada PD Kebersihan yang tertunggak hingga tiga bulan ke belakang.

“PVJ sudah datang ke PD Kebersihan sesuai dengan janji seminggu setelah sidak dan mereka pun telah membayar retribusinya selama tiga bulan ke belakang,” ungkap Direktur Teknis dan Operasional PD Kebersihan Kota Bandung Iwan Setiawan kepada jurnalbandung.com, Selasa (12/7).

Dengan kesepakatan tersebut, lanjut Iwan, mulai hari ini, Selasa (12/7), pihaknya kembali memberikan pelayanan dalam pengelolaan sampah yang dihasilkan mall yang terletak di Jalan Sukajadi, Kota Bandung itu.

“Mulai hari ini, kami kembali layani mereka dengan kesepakatan baru,” ujar Iwan.

Seperti diketahui, Senin (4/7) lalu, PD Kebersihan bersama Anggota Komisi B DPRD Kota Bandung melakukan sidak ke Mall PVJ karena pihak pengelola mall dinilai menyalahi aturan dalam pengelolaan sampah.

Direktur Utama PD Kebersihan Kota Bandung Deni Nurdiana mengatakan, salah satu aturan yang dilanggar, yakni pembayaran retribusi. Berdasarkan catatan pihaknya, Mall PVJĀ  tidak membayar retribusi sampah tiga bulan berturut-turut.

Selain itu, pihak ketiga yang ditunjuk pengelola mall tidak mengacu pada rekomendasi PD Kebersihan. Padahal, sesuai Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 316/2013, pihak ketiga yang ditunjuk oleh perusahaan komersial harus mengacu pada rekomendasi PD Kebersihan selaku pengelola sampah resmi di Kota Bandunga.

Deni menyebut, perusahaan yang menjadi pihak ketiga ini pun kerap membuang sampah ke tempat pembuangan sementara (TPS) yang dikelola PD Kebersihan. Lebih parahnya lagi, pihak ketiga ini seringkali membuang sampah di TPS liar sembarangan.

“Perusahaan yang menjadi pihak ketiga ini beberapa kali tertangkap berbuat nakal saat membuang sampah. Jadi kucing-kucingan mereka membuang ke TPS yang dikelola PD Kebersihan. Kita punya bukti- buktinya,” tegas Deni.

Share This

Leave a Reply