Tepat di Hari Pahlawan, BNN Musnahkan Narkoba di Depan Gedung Sate

Oleh : Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Bertepatan dengan Hari Pahlawan, Badan Narkotika Nasional (BNN) musnahkan barang bukti narkotika berbagai jenis, diantaranya ekstasi, ganja dan AMB FUBINACA.

“Hari ini kita akan mulai memusnahkan berbagai jenis narkotika dari hasil tujuh kasus pengungkapan oleh BNN RI sebanyak lima pengungkapan dan BNNP Jawa Barat dua pengungkapan.” kata Kepala Badan Narkotika Nasional RI Komjen Pol Budi Waseso, di Bandung, Jumat (10/11).

Barang bukti narkotika tersebut dimusnahkan dengan cara dibakar dengan menggunakan mesin insenerator. Sebagian kecilnya diamankan untuk dilakukan uji laboratorium.

Pria yang akrab disapa Buwas ini mengatakan, dari total shabu awal yang disita yaitu 36.315 gram, petugas menyisihkan 35 gram untuk lab sehingga shabu yang dimusnahkan seberat 36.280 gram.

Sedangkan, dari ekstasi sebanyak 26.006 butir petugas menyisihkan sebanyak 65 butir untuk lab sehingga total ekstasi yang dimusnahkan sebanyak 25.938 butir.

Kemudian narkotika jenis ganja yang disita seberat 562.373 gram kemudian disisihkan seberat 2.067,36 gram untuk lab sehingga total ganja yang dimusnahkan seberat 560.305,64 gram.

“Selain itu, BNN juga menyita AMB FUBINACA seberat 1.450 gram dan disisihkan 6 gram diantaranya untuk lab sehingga total AMB FUBINACA yang dimusnahkan adalah seberat 1.444 gram,” kata dia.

Ia mengatakan dengan pemusnahan seluruh barang bukti narkotika shabu, ganja, ekstasi dan AMB FUBINACA dari tujuh kasus berbeda di atas, BNN telah menyelamatkan lebih dari 4,2 juta anak bangsa dari penyalahgunaan narkotika.

Leave a Reply