Tekan Angka Kemiskinan, Pemprov Jabar Gelontorkan Anggaran Empat Kali Lipat

Oleh: Yuga Khalifatusalam

foto: jabarprov
foto: jabarprov

Jurnal Bandung – Pemprov Jawa Barat bersikeras untuk menurunkan angka kemiskinan hingga 1% setiap tahunnya.

Tak tanggung-tanggung, demi mencapai target tersebut, tahun ini, Pemprov Jabar akan menggelontorkan anggaran hingga empat kali lipat dari tahun sebelumnya.

“Target kami mengurangi angka kemiskinan 1% setiap tahun,” kata Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar kepada Jurnal Bandung di Gedung Sate, Senin (16/2).

Menurut Deddy, selama ini, pemprov berupaya menekan angka kemiskinan sebesar 0,75% per tahun. Angka kemiskinan di Jabar sendiri masih di atas 4 juta jiwa atau sekitar 13% dari total jumlah penduduk Jabar.

“Kita akan mengoptimalkan dinas-dinas yang ada di Pemprov Jabar. Kontribusi dari dinas sangat diharapkan dalam upaya mengentaskan kemiskinan,” ungkapnya.

Dia mencontohkan, dalam pengerjaan proyek, dinas-dinas akan melibatkan masyarakat miskin seperti Dinas Bina Marga yang berwenang memelihara kemantapan jalan provinsi sepanjang 2.900 km.

“Belum seluruh dinas berkontribusi, di antaranya pariwisata. Upaya menekan angka kemiskinan akan dilakukan dengan sistem cluster zona kemiskinan,” jelasnya.

Anggaran yang disiapkan tahun ini, lanjut Deddy, nilainya pun cukup besar yakni Rp560 miliar atau empat kali lipat dari tahun sebelumnya yang hanya Rp160 miliar.

Selain itu, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota di Jabar. Keterlibatan pemerintah kabupaten/kota menurutnya sangat diperlukan sebagai penguasa wilayah.

“Terakhir, upaya pengentasan kemiskinan ini pun akan dievaluasi setiap dua bulannya,” tandasnya.

Share This

Leave a Reply