Teddy : Ruh Pancasila Ada Dalam Diri Pemuda

Oleh: Redaksi
Jurnalbandung.com – Dalam acara sosialisasi 4 Pilar di Rumah Makan Wong Solo Bandung, Teddy Setiadi menyampaikan bahwa pemuda memiliki rasa kesetiakawanan yang tinggi. Hal ini terbukti dari aksi-aksi solidaritas yang ditunjukan pemuda dalam berbagai hal.

 

 

Dalam hal positif kita merasakan banyak karya-karya pemuda dengan segudang inovasinya sebut saja ada bukalapak, kitabisa, dan komunitas-komunitas pemuda lainnya yang menciptakan banyak kontribusi positif dengan semangat kesetiakawanan sosial.

 

 

Kesetiakawanan Sosial adalah pengejawantahan dari nilai-nilai Pancasila.

 

 

“Sebagai contoh, di era pandemi covid-19 ini, menerapkan physical distancing, memakai masker termasuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan adalah bentuk kesetiakawanan sosial.” Jelas Teddy

 

 

“Memang anak muda memiliki sistem imun yang baik. Kebanyakan dari mereka disebut orang tanpa gejala. Namun jika kita mengedepankan rasa empati, rasa kepedulian kita tentunya kita tidak akan seenaknya berkelakuan tanpa mengindahkan aturan yang berlaku.” Tutup Teddy

 

 

Oleh karena itu, jika para pemuda sudah memiliki rasa kesetiakawanan sosial maka sejatinya para pemuda tersebut telah menerapkan nilai-nilai Pancasila yang luhur.

 

 

Sikap kesetiakawanan sosial ini harus terus dipupuk, dipelihara dan dikembangkan. Perlu contoh dari para pemimpin bangsa ini.

 

 

Dengan adanya sosialisasi empat pilar ini diharapkan para pemuda mengetahui jati dirinya dan jati diri bangsanya sehingga bisa bersikap positif dalam menghadapi pandemi ini dan juga bertanggung jawab.

Leave a Reply