Tanpa Mengurangi Kualitas, Aher Minta Revitalisasi Gasibu Dikebut

Oleh: Redaksi/Yuga Khalifatusalam

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menginstruksikan pihak-pihak terkait untuk segera menyelesaikan revitalisasi Lapangan Gasibu yang kini tengah berjalan.

Gubernur yang akrab disapa Aher itu menginginkan agar wajah baru Lapangan Gasibu rampung dalam beberapa hari ke depan. Sehingga, peresmian pun bisa dilakukan dan lapangan legendaris di Kota Bandung ini bisa digunakan untuk perayaan tahun baru 2016.

Namun begitu, Aher mengingatkan, meskipun dirinya minta pengerjaan dikebut, tapi kualitas pembangunan harus tetap diperhatikan. Sehingga, Lapangan Gasibu ini tetap dapat dimanfaatkan masyarakat senyaman mungkin.‬

‪”Kita berharap semuanya bekerja keras untuk menyelesaikan sampai akhir Desember ini, tapi tentu kerja keras yang dilakukan tidak mengurangi kualitas. Kalau terus dikebut tapi kualitasnya berkurang, itu juga salah,” tutur Aher kepada Jurnal Bandung saat meninjau revitalisasi Lapangan Gasibu, Senin (21/12).

Seperti diketahui, pencanangan revitalisasi Lapangan Gasibu dilakukan saat peringatan Hari Jadi ke-70 Provinsi Jabar, 19 Agustus 2015 lalu. Revitalisasi lapangan yang juga disebut “Tepasna Jawa Barat” ini ditargetkan rampung akhir Desember mendatang.

Dengan total dana sebesar Rp16 miliar yang berasal dari pos anggaran Dinas Permukiman dan Perumahan (Diskimrum) Jabar, revitalisasi Lapangan Gasibu menekankan agar ruang publik ini bisa terjaga baik dan tidak ada pedagang liar yang mengganggu.

Dalam revitalisasi tersebut, lapangan rumput dan jogging track tetap dipertahankan. Sementara fasilitas penunjang yang tengah dibangun, di antaranya mushala, toilet berkelas hotel bintang lima, amphitheater, perpustakaan, serta air mancur, dan air jeram. Akan ada pula panggung yang dinamai Panggung Gubernur dan Taman Flora yang akan semakin membuat asri Lapangan Gasibu.

Aher melanjutkan, pihaknya menginginkan percepatan pembangunan, namun tetap dengan cara-cara yang masih terukur baik. Karenanya, sekalipun dikebut, namun kualitasnya tetap harus yang terbaik. Secara kasat mata, kata dia, pembangunan saat ini sudah lebih dari 90%.

Saat revitalisasi Lapangan Gasibu ini tuntas, kawasan berikutnya yang akan direvitalisasi adalah jalur menuju Monumen Perjuangan Rakyat Jabar. Kelak, akan ada juga Taman Kria Jabar, Taman Main Jabar, Taman Musik, Taman Pusaka Jabar, dan Gerai Kria Jabar.

Ke depan, kawasan tersebut akan jadi satu kesatuan yaitu Koridor Gasibu-Monpera. Total keseluruhan anggaran revitalisasi keduanya ini diperkirakan menghabiskan anggaran sekitar Rp25 miliar yang bersumber dari APBD Provinsi Jabar.

Leave a Reply