Tanpa Hiburan Malam, Kota Bandung Tetap Menarik Bagi Wisatawan

Oleh: Ferry Prakosa

foto net
foto net


Jurnal Bandung – Kepala Badan Promosi Pariwisata Kota Bandung (BP2KB) Nicolaus Lumanauw optimistis dunia parawisata di Kota Bandung bisa bersaing dengan Bali, Lombok, Jogja meskipun tanpa keberadaan tempat hiburan malam.

Bahkan dia pun mengaku tidak takut kehilangan turis mancanegara jika di Bandung tidak ada tempat hiburan malam sekalipun

“Biarkan saja di sana (hiburan malam) menggeliat. Di sini mereka akan lebih tenang jiwanya. Wisatawan jadi punya variasi. Kalau di sini (Bandung) mereka akan tenang dengan suasana alam Kota Bandung yang indah dengan gestur manusia Bandung yang sangat harmonis,” katanya kepada wartawan saat ditemui di Kota Bandung, Kamis (30/10).

Dikatakan Nicolaus, tanpa hiburan malam Kota Bandung bisa menjadi salah satu destinasi wisata internasional yang unik. Yang penting, kata dia, harus pintar dalam mengemas paket-paket wisata yang akan disuguhkan.

“Apapun modelnya bidang pariwisata, orang mati pun bisa dijual. Jadi jangan khawatir. Kalau situasinya begini (pembatasan jam hiburan malam) kita bisa mengemas sedemikian rupa tergantung situasional,” ungkapnya.

Optimisme yang ditunjukannya bukan tanpa alasan. Karena memang berdasarkan penelitian, orang asing punya kebutuhan dan keinginan yang tidak pernah sama.

“Artinya, selain mencari hiburan banyak pula wisman yang mencari pengalaman dan pembelajaran terutama tentang Kota Bandung,” ujarnya.

Nico pun tidak peduli jika kota-kota lain masih mengandalkan hiburan malam sebagai daya tarik wisata.

Saat ini, Pemerintah Kota Bandung sedang gencar mempromosikan Kota Bandung sebagai tempat wisata yang sangat menarik. Salah satu langkah yang akan dilakukan adalah dengan mengundang puluhan tour agency dan travel journalist dari negara-negara di benua Asia dan Afrika, 10-13 November 2014 mendatang.

Pemkot Bandung sendiri tidak akan mempromosikan Kota Bandung sebagai kota dengan beragam tempat hiburan malam karena di Kota Bandung tempat hiburan malam memang hanya beroperasi hingga pukul 24.00 WIB.

Share This

Leave a Reply