Taman Super Hero Mulai Dikunjungi Warga

Oleh: Ferry Prakosa

foto oleh: Ferry Prakosa
foto oleh: Ferry Prakosa


Jurnal Bandung – Pemkot Bandung melalui Dinas Pemakaman dan Pertamanan (Diskamtam) terus berusaha mempercantik taman-taman di Kota Bandung.

Setelah sekian banyak taman dipercantik, kini hadir kembali sebuah taman tematik yang dinamai Taman Super Hero.

Di Taman Super Hero ini, rencananya akan terpasang lima patung Super Hero berukuran jumbo. Kelimanya perpaduan Super Hero luar negeri dan dalam negeri di antaranya Batman, Spiderman, Superman, Gatot Kaca, dan Gundala Putra Petir. Tiga patung yaitu Batman, Gatot Kaca, dan Spiderman kini sudah terpasang di taman tersebut.

Taman yang dikenal dengan nama Taman Anggrek ini dulunya tak terawat. Ibaratnya mati enggan hidup tak mau. Sebelum ada Super Hero yang kini nongkrong, taman tersebut gelap, penuh sampah, dan becek saat hujan. Bahkan, terkadang, taman itu pun dimanfaatkan para pemulung untuk tempat singgah.

Patung Gatotkaca yang ada di taman itu merupakan karya seorang perupa ternama dari Kota Bandung. Tubuh patung tersusun dari potongan logam tak terpakai. Beratnya disebut-sebut sampai ratusan kilo gram.

Dengan dana pembangunan sebesar Rp200 juta yang berasal dari APBD Kota Bandung, taman yang sebelumnya juga terlihat angker itu kini mulai bersemi kembali.

Meskipun belum selesai 100%, namun anak-anak dan warga sekitar mulai berani mengunjungi taman ini untuk sekadar bermain dan bercengkerama.

“Mudah-mudahan awal Februari 2015 ini selesai semua, patungnya juga sudah ada semua. Patung Gatot Kaca-nya sumbangan dari seniman,” kata Kepala Diskantam Kota Bandung, Arief Prasetya ketika mengunjungi Taman Super Hero, Jumat (16/1).

Taman yang luasnya hanya sekitar 600 meter persegi itu kini tampak asri dengan rindangnya pepohonan. Fasilitas di taman ini memang tidak jauh berbeda dengan taman-taman lainnya.

Hanya saja, selain dibuat menarik dengan keberadaan patung-patung super hero, taman ini juga dilengkapi perpustakaan dan toilet portabel.

Selain itu, pengunjung Taman Super Hero pun nantinya bisa menikmati fasilitas olah raga. Pengunjung yang menggemari olah raga voli bisa mencoba inovasi baru dari Diskamtam Kota Bandung. Lapangan bola voli di taman ini rencananya akan disulap menjadi lapangan voli pantai.

“Kemauan warga itu buat lapangan voli pantai. Jadi nanti kita akan tambahkan pasir pantai di lapangannya,” ujar Arief.

Untuk merawat taman ini dipastikan sulit. Namun, arief enggan pesimistis. Menurut dia, jika nanti sudah, taman ini akan dirawat oleh pekerja harian lepas Diskamtam Kota Bandung.

Meskipun begitu, Arief juga mengajak aparat kewilayahan setempat, termasuk pihak sekolah Santa Maria yang letaknya dekat dengan Taman Super Hero itu ikut membantu menjaga kebersihan dan kerapihan taman.

“Perawatannya kita tawarkan juga ke sekolah Santa Maria. Nanti juga¬†kita pasang lampu,” pungkasnya.

Share This

Leave a Reply