Tak Kunjung Berinvestasi, Wagub Jabar Sentil Investor Asal China

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menyentil investor asal China saat bertemu calon investor asal China di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (13/4).

Aktor kawakan ini melontarkan sindiran kepada investor asal China, karena sudah banyak investor asal China yang datang ke Gedung Sate, namun tidak ada satu pun yang sudah memutuskan berinvestasi.

“Sudah banyak investor China yang datang ke sini, tapi gak ada yang jadi berinvestasi di sini,” ungkap Deddy sambil tertawa.

Oleh karena itu, dalam kesempatan itu, Deddy langsung menegaskan kepada Presiden China Fortune Plan Development Zhao Hongjing agar segera berinvestasi di Jabar.

“Kita langsung mengarahkan ke Bandara internasional Kertajati (Bandara Internasional Jawa Barat/BIJB). Jadi nantinya investor ini kita tawari untuk membangun aerotropolis,” sebutnya.

Dikatakan Deddy, aerotropolis ini sangat penting. Pasalnya, aerotropolis merupakan konsep bandara yang dilengkapi pusat bisnis, perbelanjaan, pendidikan, hiburan, hingga perhotelan.

“Aerotropolis ini harus dibangun karena Bandara tidak bisa berdiri sendiri, harus didukung dengan membangun kota yang dilengkapi beragam infrastruktur,” paparnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pihaknya akan mempertemukan investor asal China dengan PT BIJB (BUMD milik Pemprov Jabar) untuk merumuskan konsep investasi di BIJB.

“Saya kira langsung saya arahkan kerja sama dengan PT BIJB untuk membangun aerotropolis karena PT BIJB ini menggarap pembebasan lahan seluas 32 ribu hektare,” katanya.

Saat ditanya selain akan berinvestasi di BIJB, apakah investor asal China ini akan berinvestasi di bidang lain? Deddy mengaku hanya menawari peluang investasi di BIJB saja.

“Dari pada ngawang-ngawang, banyak perusahaan China yang ke sini gak jadi apa-apa juga, langsung saja kita arahkan,” ucapnya.

Share This

Leave a Reply