Tahun Ini, Bus Sekolah di Kota Bandung akan Bertambah 26 Unit

Oleh: JB-01

Foto oleh Ferry Prakosa
Foto oleh Ferry Prakosa


Jurnal Bandung – Tahun ini, bus sekolah di Kota Bandung akan bertambah 26 unit. Dengan tambahan bus tersebut, nantinya akan ada total 36 unit bus sekolah di Kota Bandung.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Trans Metro Bandung (TMB) Dishub Kota Bandung Yadi Haryadi mengatakan, 26 unit bus sekolah tambahan ini merupakan bantuan dari Pemprov Jawa Barat sebanyak 16 unit dan 10 unit lainnya dibeli dengan anggaran yang berasal dari APBD Kota Bandung.

‪”Bus sekolah yang dari APBD kapasitasnya besar, sama seperti yang ada sekarang. Harga satu unitnya Rp1 miliar. Kalau yang dari provinsi, busnya berukuran sedang dengan kapasitas 36 orang,” ungkap Yadi kepada Jurnal Bandung, di Bandung, Senin (2/3).‬

‪Menurut Yadi, 26 bus sekolah ini rencananya akan melayani sejumlah rute di kawasan Bandung Timur seperti Buah Batu, Cibiru, Kiaracondong, Kopo, hingga Cijerah.

Kini, lanjut Yadi, pihaknya tengah menyosialisasikan rencana pengoperasian 26 bus sekolah tersebut kepada para pengusaha angkutan kota (angkot) agar keberadaan bus sekolah tidak bersinggungan dengan angkot.

Pihaknya menargetkan, ke-26 bus sekolah tersebut dapat beroperasi Juni 2015 mendatang.

“Insyaallah pertengahan tahun ini dapat beroperasi. Kini kami masih melakukan sosialisasi kepada para pengusaha angkot,” ucapnya.‬

Bus sekolah gratis bagi para pelajar di Kota Bandung ini mulai beroperasi 7 Oktober 2014 lalu. Sebagai tahap awal, Pemkot Bandung mengoperasikan 10 unit bus sekolah. Keberadaan bus sekolah diharapkan bisa mengurangi beban orang tua siswa dan mengurangi kemacetan lalu lintas.

Share This

Leave a Reply