Survei Membuktikan Paslon Cagub Deddy-Dedi Tertinggi

Oleh : Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi menjadi Paslon Cagub yang paling tinggi tingkat popularitas dan elektabilitasnya.

Hal tersebut dibuktikan dengan hasil survei yang sudah dilakukan oleh Indonesia Strategic Institute (Instrat).

“Jika hasil sebelumnya elektabilitas terringgi milik Ridwan Kamil, sekarang berdasarkan survei terbaru Deddy-Dedi ini menyusul Ridwan Kamil,” kata Analis Instrat, Sidratun, di Bandung, Rabu (9/5).

Deddy-Dedi memeroleh tingkat potensi elektabilitas sebesar 40,5 %, dibayangi oleh pasangan Ridwan Kamil – Uu Rhuzanul Ulum (Rindu) dengan 29%, lalu ada Pasangan Sudrajat-Syaikhu (Asyik) di posisi ketiga dengan potensi elektabilitas 7,7% dan terakhir pasangan TB Hasanudin-Anton Charlian (Hasanah) di 4,7%.

Dalam survey yang dilakukan pada 3-6 Mei 2018 ini menggunakan 1800 responden di seluruh kota kabupaten dengan margin erorr 2,31 persen untuk mengetahui peta politik terkini pasca tiga bulan masa kampanye Pilgub Jabar.

“Jika sebelumnya elektabilitas masih dipegang Rindu, namun dengan jumlah responden yang belum memilih hampir 45,2 %, sekarang 17,8%,” katanya.

Menurutnya hasil ini membuktikan bahwa jumlah pemilih yang sebelumnya di jadikan sample yang belum menentukan pilihan, saat ini melabuhkan pilihan terhadap pasangan nomor urut 4 ini.

Share This

Leave a Reply