Surga Dunia di Ujung Garut Selatan

Oleh : Redaksi Jurnal Bandung

foto net
foto net

Jurnal Bandung – Bagi penyuka traveling, wilayah Garut Selatan layak menjadi destinasi wisata yang harus dikunjungi. Keindahan pantainya yang belum dijamah banyak orang akan membuat siapapun yang mengunjunginya terpesona.

Terletak di Ujung Garut Selatan, terdapat lokasi wisata Pantai Rancabuaya. Sekilas dari namanya, orang yang baru mengetahuinya mungkin berpikiran terdapat rawa-rawa berisikan buaya-buaya buas. Namun, itu hanyalah nama. Setelah mengunjunginya, kesan seram pun sirna dan berganti takjub saat di hadapan kita terbentang panorama alam Pantai Rancabuaya yang menakjubkan.

Deburan ombak cukup besar bercampur segarnya udara pantai membuat siapapun yang merasakannya betah berlama-lama tinggal di lokasi tersebut. Terlebih, Pantai Rancabuaya pun tergolong jauh dari hiruk pikuk manusia layaknya wisata pantai lainnya yang ramai dikunjungi orang.

Untuk menjangkaunya, memang diperlukan tenaga dan konsentrasi. ekstra. Sebab, jalan yang harus ditempuh berkelok-kelok dengan turunan dan tanjakan curam. Pantai Rancabuaya bisa ditempuh melalui jalur Selatan Cianjur, Ciwideuy, Pangalengan, maupun dari Garut Kota. dengan waktu tempuh rata-rata sekitar 5 jam.

Selama perjalanan, tersuguh pemandangan perkebunan teh, persawahan, hingga kebun kayu-kayuan. Insfrastruktur jalan terbilang bagus, meskipun di sejumlah lokasi terdapat titik-titik jalan rusak. Namun, ketika meninggalkan Pantai Rancabuaya, jalur Pangalengan-lah yang dipilih. Meskipun tetap curam dan berkelok-kelok, namun kondisi jalannya mulus.

Wakil Gubernur Jabar, Deddy Mizwar mengatakan, potensi wisata yang dimiliki Garut Selatan luar biasa. Banyak tempat yang bisa dikunjungi karena menyimpan daya tarik tersendiri. Selain Pantai Rancabuaya, terdapat padang savana, gua lalai, gugusan karang, maupun tebing curam dengan panorama lautan lepas samudera Indonesia. “Ini suatu hal yang membuat saya surprise. Ada savana, gua lalai, luar biasa,” ucap Deddy di Pantai Rancabuaya, baru-baru ini.

Menurut aktor kawakan tersebut, Pantai Rancabuaya merupakan satu dari tiga wilayah yang telah ditetapkan dalam peraturan daerah (Perda) Provinsi Jabar sebagai wilayah pertumbuhan di Selatan Jabar. Selain Pantai Rancabuaya, dua wilayah lainnya adalah Pantai Pelabuhan Ratu dan Pantai Pangandaran.

Deddy pun mengatakan, dengan potensi keindahan alamnya yang luar biasa, tak perlu adanya pembenahan besar-besaran untuk mengembangkan wisata Pantai Rancabuaya. “Kalau ini mah tinggal dipromosiin keluar, tidak perlu diapa-apain. Nanti kalau banyak orang datang, sektor informal akan tumbuh dengan sendirinya. Tapi kalau orang gak kenal, siapa yang mau datang kemari. Lokasi ini siap jual, cuma perlu promosi saja,” ungkap Deddy.

Oleh karena itu, Deddy memunculkan gagasan untuk menggelar lomba foto di lokasi tersebut. Selain untuk menumbuhkan minat terhadap seni fotografi, pemerintah pun akan mendapatkan materi berupa foto-foto Pantai Rancabuaya yang bisa disebarkan melalui berbagai media. “Tadi saya ngobrol dengan Pak Wabup (Wabup Garut, Helmi Budiman) untuk buat lomba fotografi daerah wisata. Selain menumbuhkan minat fotografi, kita juga dapat materi untuk dikenalkan di website, youtube, dan lainnya supaya (Pantai Rancabuaya)terkenal,” jelas Deddy.

Meskipun memiliki potensi luar biasa, namun Deddy mengaku tak ingin mengembangkan destinasi wisata unggulan Kabupaten Garut itu secara sporadis. Menurut Deddy, jika dikembangkan secara sporadis, pihaknya khawatir akan ada penguasaan lahan oleh pihak-pihak asing yang bisa membuat masyarakat setempat tidak terangkat, bahkan terpinggirkan. “Kalau sporadis, nanti salah kaprah, jadi bumerang. Daerah pertumbuhan jika dikembangkan secara sporadis, tidak terintegrasi, akan jadi bumerang. Misalnya penguasaan lahan-lahan oleh asing. Kita ingin, pengembangan wilayah pertumbuhan betul-betul untuk masyarakat setempat,” pungkas Deddy.

Share This

Leave a Reply