Sumedang-Wado Putus, Pemprov Jabar Upayakan Jalur Alternatif

Oleh: Bayu Wicaksana

Foto net
Foto net

BANDUNG – Pemprov Jawa Barat tengah mencari solusi untuk mengatasi putusnya jalur Sumedang-Wado akibat tergenang air Waduk Jatigede.

Selain akan membangun Jalan Lingkar Jatigede yang sudah direncanakan, pemprov bersama pemerintah pusat akan mengupayakan jalur alternatif lain, agar aktivitas masyarakat tidak terganggu.

Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar mengatakan, Jalan Raya Wado memang akan digenangi dan menjadi bagian dari Waduk Jatigede. Namun, tergenangnya jalur tersebut lebih cepat satu bulan dari yang diprediksi.

“Sementara Jalan Lingkar Jatigede belum selesai,” kata Deddy kepada Jurnal Bandung.com di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (15/2).

Sementara itu, Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa mengatakan, pihaknya bersama pemerintah pusat telah memantau langsung putusnya jalur Sumedang-Wado tersebut.

Meski tidak merinci, berdasarkan hasil pemantauan lapangan, kata Iwa, terdapat beberapa solusi yang diyakini bisa menekan dampak yang ditimbulkan.

“Langkah-langkah sedang dilakukan oleh pusat melalui Kementerian PU- PERA untuk diambil langkah taktis, terutama menyangkut akses masyarakat,” kata Iwa di tempat yang sama.

Menurut Iwa, saat ini, sebagian air yang menggenang sudah berhasil dibuang. Namun, langkah itu belum optimal karena adanya pendangkalan pada beberapa saluran inti yang kewenangannya berada di pemerintah pusat.

“Sehingga harus dilakukan pengerukan terlebih dahulu terhadap jaringan primer dan sekunder. Sedangkan (jaringan) tersiernya dari kabupaten maupun kewenangan PSDA (pemprov), kita sudah siap,” katanya.

Selain itu, kata Iwa, pintu-pintu air di kawasan ini pun banyak yang tertutup tumpukan sampah.

“Akan dilakukan gotong royong dengan masyarakat. Sehingga sumbatan air untuk mengalir ke sawah bisa langsung sesuai dengan yang kita harapkan,” kata Iwa seraya menyebut pihaknya pun memikirkan nasib hasil pertanian warga agar bisa terdistribusikan dengan baik.

Sementara itu, terkait pembangunan Jalan Lingkar Jatigede, Iwa mengaku, saat ini pihaknya turut membantu proses percepatan pembebasan lahan yang diperlukan.

“Bersama BPN dan bupati Sumedang, kami akan memberi bantuan dan dukungan supaya tidak ada kendala di lapangan,” kata Iwa.

Disinggung jumlah lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan tersebut, menurut Iwa, saat ini sedang dilakukan pendataan.

“Pendanaan untuk pembebasan lahannya berasal dari pemerintah pusat,” pungkasnya.

Share This

Leave a Reply