Sukses Raih Nilai A dalam LAKIP, Kota Bandung Ditargetkan Bebas Korupsi

Oleh: Faisal Maulida

Foto net
Foto net

BANDUNG – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara – Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menargetkan, tahun ini, Kota Bandung menjadi zona bebas korupsi.

Target tersebut dipatok Kemen PAN-RB, pasca Kota Bandung menjadi satu-satunya kabupaten/kota yang meraih predikat A dengan nilai 80,22 dalam Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) yang diberikan Kemen PAN-RB.

Hal itu disampaikan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil seusai pemberian penghargaan LAKIP di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Jalan Tamansari, Kota Bandung, Jumat (12/2).‬

‪”Selanjutnya, Kota Bandung ditargetkan oleh Menteri PAN RB untuk menghubungkan predikat yang sudah didapat kepada zona bebas korupsi karena zona bebas korupsi merupakan level tertinggi. Ini yang kami targetkan pada tahun ini. Sehingga kinerja kami ini terasa oleh masyarakat, terukur oleh sistem, kemudian juga tidak ada permasalahan dalam urusan integritas,” terang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Menurut ‪Emil, predikat A dalam penilaian LAKIP yang telah diraih Kota Bandung, mengartikan adanya kesinambungan antara wali kota bersama jajaran di bawahnya.‬

‪”Nilai A itu artinya nyambung, nilai CC itu nggak nyambung. Wali kotanya ke kanan di bawahnya sibuk, seolah-olah kerja dan belanja, padahal ke kiri dan tidak membuahkan hasil,” ujarnya.

‬Emil melanjutkan, konsep smart city yang dibangun Pemkot Bandung pun merupakan cara untuk membantu masyarakat mengukur transparansi kinerja jajaran Pemkot Bandung.‬

Disebutkan Emil, ‪masyarakat Kota Bandung dapat meninjau hasil evaluasi tersebut melalui Website: lakip.bandung.go.id.

“Silahkan bisa masuk ke SILAKIP, warga bisa menilai kinerja birokrasi seperti apa. Jadi saya bangun smart city, agar kalau saya tidak menjadi wali kota lagi, sistem kinerja yang sudah baik ini tidak turun. Jadi saya tidak mau mengandalkan pada figur individual kepala daerah,” jelasnya.

Share This

Leave a Reply