Sukses Bantu Wujudkan Kamtibmas, Deddy Mizwar Raih Honorary Police

Oleh: Redaksi

Jurnalbandung.com – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar meraih penghargaan Honorary Police dari Kapolda Jawa Barat.

Penghargaan ini diberikan atas jasa Deddy Mizwar dalam kerja sama dan partisipasinya untuk mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polda Jabar. Dia pun berhak menggunakan pinĀ dan medali tanda jasa honorary police.

Penghargaan diberikan langsung Kapolda Jabar Irjen Pol Anton Charliyan dalam Upacara Pemberian Police Award dan Honorary Police kepada anggota polisi dan tokoh masyarakat di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, KamisĀ (9/3).

Penghargaan ini diberikan berdasarkan Keputusan Kapolda Jabar Nomor Kep. 240/III/2017 tentang Pemberian Honorary Police terhadap pimpinan TNI, tokoh pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pendidikan, tokoh pemuda, dan pimpinan media cetak di Jabar yang dinilai telah bekerja sama dan berpartisipasi dalam membantu tugas kepolisian dalam mewujudkan situasi yang aman dan kondusif.

Seusai menerima penghargaan, Deddy Mizwar pun menyampaikan terima kasihnya atas penghargaan yang diberikan kepadanya. Menurutnya, bangsa ini membutuhkan sosok figur untuk memotivasi masyarakat agar situasi keamanan tetap kondusif .

Selain itu menjadi inspirasi agar masyarakat bisa melakukan hal-hal positif di kemudian hari. Para tokoh atau figur itu pun, kata Deddy, bisa menjadi modal sosial bagi pembangunan masa depan Jabar.

“Tokoh-tokoh yang dberikan honorary police, saya kira bisa jadi modal sosial untuk membangun Jawa Barat ke depan. Ini sesuatu hal yang sangat positif yang harus terus menerus dilakukan dan dibudayakan,” ujarnya.

Police award dan honorary police ini merupakan merupakan bentuk kehormatan dan penghargaan tertinggi dari institusi Polri dan pertama kalinya digelar. Penghargaan ini diberikan oleh Kapolri atas dedikasi masyarakat berprestasi dan memberikan kontribusi positif terhadap Polri.

Kapolda Jabar Irjen Pol Anton Charliyan dalam amanatnya mengungkapkan, saat ini, Polri ingin membangun kepercayaan lebih di masyarakat, salah satu caranya, yaitu melalui figur atau tokoh.

“Makanya dalam membangun kepercayaan ini Polri ingin punya figur. Kita tidak perlu mencari figur di luar negeri atau yang sudah tidak ada atau di luar Jawa Barat. Ternyata, di Jawa Barat juga banyak figur-figur yang bisa kita contoh,” ungkap Anton dalam amanatnya.

Anton menekankan, honorary police ini juga diberikan dalam rangka silaturahim. Maka dari itu, penghargaan honorary police dibuat untuk semakin merekatkan rasa kekeluargaan di antara institusi Polri dengan institusi lain, termasuk masyarakat.

“Honorary Police kami anggap sebagai sebuah keluarga besar kami, figur kami. Maka sekarang rumah bapak, kantor bapak tambah satu, yaitu kantor polisi. Jadi bapak tidak usah segan-segan, kapan pun dimana pun, semua kantor polisi yang ada di Jawa Barat adalah rumah bapak, kantor bapak,” tegas Anton.

Share This

Leave a Reply