Stop Berhenti di Ruang Henti Khusus!

Oleh: JB-05

Foto net
Foto net


Jurnal Bandung – Bagi anda para pengendara kendaraan roda empat yang sering berhenti di ruang henti khusus (RHK) saat lampu merah menyala sebaiknya segera menghentikan kebiasaan itu.

Sebab, Sat Lantas Polrestabes Bandung akan memberlakukan sanksi tegas bagi pengendara roda empat yang menghentikan kendaraannya di RHK. Seperti diketahui, RHK dibuat hanya untuk pengendara sepeda motor.

“Penertiban di RHK akan terus kami lakukan. Kami akan beri sanksi tegas berupa tilang bagi pelanggarnya,” tegas Wakasat Lantas Polrestabes Bandung Kompol Santiadjie K kepada Jurnal Bandung, Selasa (24/3).

Dia menjelaskan, RHK sengaja dibuat sebagai area untuk pengendara sepeda motor saat lampu merah menyala.

“Jadi ketika traffic light berwarna hijau, arus lalu lintas bisa cepat ditarik dan lancar,” ujarnya.

Sanksi tegas tersebut diharapkan bisa memberi efek jera kepada para pelanggar. Sehingga, hak pengendara sepeda motor untuk menempati RHK pun tak terganggu.

Meskipun begitu, sanksi tilang tidak akan semena-mena diberikan. Petugas akan melihat terlebih dahulu, apakah pengendara sengaja berhenti di RHK atau terpaksa.

Sebab, kata dia, bisa saja saat lalu lintas di perempatan macet, pengendara tak bisa lagi menghindar dan terpaksa berhenti di area RHK.

“Petugas di lapangan tahu mana yang memang karena keadaan terpaksa berhenti di RHK, mana yang disengaja,” ujarnya.

Jika memang tidak disengaja, polisi akan mengarahkan pengendara untuk belok kiri atau kanan. Namun, jika disengaja, siap-siap saja kena sanksi tilang.

Share This

Leave a Reply