Stok Hewan Kurban Di Jabar Aman

Oleh: Ferry Prakosa

foto net
foto net

Jurnal Bandung – Dinas Peternakan Jawa Barat mengantisipasi pelaksanaan idul adha. Hal ini terkait dengan peranannya dalam memfasilitasi ketersediaan hewan qurban baik sapi, domba maupun kambing.

Menurut Kepala Dinas Peternakan Jabar Dody Firman, setelah pihaknya berkoordinasi dengan dinas peternakan di seluruh kabupaten/kota di Jabar, ketersediaan hewan qurban terhitung aman bahkan surplus.

Dari kebutuhan sapi sekitar 52.000 ekor untuk momen idul adha, saat ini stok yang tersedia sebanyak 79.000 ekor. Demikian pula dengan kambing yang saat ini tersedia sekitar 61.000 ekor, sedangkan kebutuhannya sekitar 37.000 ekor. Apalagi domba yang angka surplusnya luar biasa besar. Dari kebutuhan domba sekitar 143.000, saat ini tersedia sekitar 581.000.

“Yang menjadi kekhawatiran adalah harga yang melambung cukup tinggi. Perbandingan peningkatan harga tiap tahunnya cukup tinggi,” ujarnya di Bandung, Sabtu (20/9).

Dia mencontohkan, misalkan saja domba. Pada momen idul adha dua tahun lalu, domba untuk qurban bisa didapat dengan harga Rp 1,75 juta/ekor, meningkat menjadi Rp 2 juta/ekor pada tahun lalu. Lalu sekarang bisa mencapai Rp 2,5 juta/ekor, bahkan bisa lebih dari itu harganya.

“Tetapi yang lebih dikhawatirkan lagi adalah ketika harga hewan qurban tinggi, sedangkan hewannya tidak tersedia. Hal inilah yang benar-benar kami antisipasi agar jangan sampai terjadi demikian,” katanya.

Leave a Reply