Stadion GBLA Satu-satunya Venue PON yang Belum Ditetapkan KONI

Oleh: Bayu Wicaksana

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) telah menetapkan hampir seluruh arena pertandingan (venue) Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat.

Hanya satu venue yang belum ditentukan, yakni Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) menyusul belum keluarnya keputusan layak atau tidaknya GBLA digunakan sebagai venue PON.

Sekretaris Umum Panitia Besar (PB) PON XIX/2016 Jabar Yudha M Saputra mengatakan, KONI Pusat telah mendefinitifkan venue-venue yang akan digunakan untuk PON.

KONI Pusat menilai venue PON yang telah ditetapkan di 15 kabupaten/kota di Jabar layak digunakan untuk ajang olahraga terbesar di Tanah Air ini.

“Kemarin sudah dilakukan verifikasi, KONI sudah mengkaji, mengevaluasi. Hasilnya, seluruh venue (kecuali Stadion GBLA) layak digunakan,” ungkap Yudha kepada Jurnal Bandung, di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (14/8).

Pihaknya kini tengah menunggu surat keputusan dari Gubernur Jabar Ahmad Heryawan yang juga Ketua Umum PB PON XIX/2016 terkait GBLA sebagai venue PON tersebut.

“Jadi sudah definitif, tinggal surat keputusan oleh Pak Gubernur,” kata Yudha.

Kendati begitu, Yudha mengakui, masih perlu perbaikan terhadap sejumlah venue yang ditetapkan KONI tersebut. Namun, Yudha pun tidak menyebut sejauh mana perbaikan yang sudah dilakukan.

“Nanti saja akhir tahun, kalau sekarang kita belum bisa mengatakan karena masih dilakukan pengerjaannya,” imbuhnya.

Yudha juga berharap, Stadion GBLA tetap bisa digunakan untuk upacara pembukaan dan penutupan PON. Namun, pihaknya tetap menyerahkan keputusan tersebut kepada pihak yang berkompeten.

“Walaupun kita semua sangat berharap bisa di situ, tapi ya kita tunggu saja keputusannya,” pungkasnya.

Sebelumnya, PB PON mulai melakukan persiapan terhadap Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung. Hal ini dilakukan mengingat belum adanya kepastian terkait kelayakan Stadion GBLA untuk upacara pembukaan dan penutupan PON.

Ketua Harian PB PON XIX/2016 Jabar Iwa Karniwa mengatakan, pihaknya sudah melakukan persiapan terhadap Stadion Si Jalak Harupat. Persiapan ini merupakan bagian dari rencana kedua (plan B) jika Stadion GBLA tidak bisa digunakan.

Leave a Reply