Sidang Yance Dihadiri JK dan Petinggi Golkar, PKL Kecipratan Berkah

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Foto net
Foto net


Jurnal Bandung – Ada hikmah di balik semua kejadian, kalimat itulah yang mungkin cocok dialamatkan kepada Irianto MS Syafiuddin atau yang lebih familiar dikenal Yance.

Yance yang kini terbelit kasus hukum terkait pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) PLTU Sumuradem di Kabupaten Indramayu itu tengah menjalani persidangan atas kasus tersebut.

Hari ini, Senin (13/4), Yance kembali menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri (PN) Bandung. Tidak seperti sidang-sidang sebelumnya, sidang kali terbilang istimewa karena dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) sebagai saksi yang meringankan.

Selain itu, sidang pun dihadiri para petinggi Golkar di antaranya Ketua Umum Partai Golkar versi Munas Bali Aburizal Bakrie, Ketua Fraksi Golkar Ade Komarudin, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, dan para anggota DPRD Provinsi Jabar. Tak lupa, ribuan simpatisan mantan Bupati Indramayu itu pun turut hadir memberikan dukungan.

Karena dihadiri JK dan para petinggi Golkar, sidang Yance kali ini mendapatkan pengawalan ketat dari aparat kepolisian. Bahkan, kawasan Jalan Riau pun sempat steril selama sidang berlangsung.

Namun, meskipun disterilkan, ribuan simpatisan Yance tak pelak membuat kawasan di sekitar PN Bandung, khususnya di Jalan Citarum riuh ramai. Mereka yang berasal dari berbagai organisasi dan lembaga ini telah berada di kawasan PN Bandung sejak subuh.

Kedatangan mereka tak lain untuk memberikan dukungan moril kepada Yance, terlebih sidang Yance kali ini dihadiri orang nomor dua di Indonesia. Dan hal itulah yang dimanfaatkan para pedagang kaki lima (PKL) untuk menjajakan dagangannya mulai makanan hingga aksesoris pakaian. Hikmah berupa berkah pun mereka peroleh dari sidang Yance kali ini.

“Alhamdulillah hari ini dagangan saya laku keras. Sidang membawa berkah,” kata penjual baso tahu Dadang, 45 kepada Jurnal Bandung diiringi senyumya.

Dia mengaku mengetahui sidang Yance dari teman-temannya sesama pedagang, termasuk jika sidang Yance hari ini akan dihadiri JK.

“Saya tahunya dari sesama pedagang aja, kalau hari ini akan ada sidang pak Yance, katanya ada pak Wapres, terus akan banyak juga para pendukung pak Yance. Jadi saya langsung aja ke jalan Citarum, memanfaatkan situasi ini,” tuturnya.

Hal sama diungkapkan penjual ikat kepala khas Sunda Beben, 35. Dia pun mengaku berhasil menjual  puluhan ikatnya.

“Sejak pukul 06.00 WIB saya sudah disini. Alhamdulillah sudah laku, lumayan,” ucapnya.

Beben pun mengaku senang dengan banyaknya para pendukung Yance yang datang ke Bandung untuk memberikan dukungan moril.

“Sering-sering aja kaya gini, udah beberapa minggu terakhir tidak ada lagi massa pendukung pak Yance, baru sekarang lagi ada. Mudah-mudahan minggu depan banyak lagi massa yang datang,” pungkasnya. 

Selain hikmah bagi PKL, sidang Yance kali ini pun tentu membawa hikmah lainnya, khususnya bagi Yance sendiri. Kehadiran JK, para petinggi Golkar, dan ribuan simpatisannya tentu membawa angin segar bagi Yance. Setidaknya, kehadiran mereka menjadi bukti bahwa masih banyak orang yang menemaninya dalam berjuang mencari keadilan.

Share This

Leave a Reply