Siaga Antisipasi Kekeringan, Wagub: Masyarakat Diimbau Sholat Istisqo

Foto net
Foto net

‎Jurnal Bandung – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengungkapkan, pemerintah provinsi Jawa Barat saat ini siaga mengantisipasi bencana kekeringan hingga bulang Desember.

“Kita juga sudah siaga kekeringan sejak beberapa hari lalu. Siaga kekeringan ini sampai Desember nanti, ketentuannya sampai 1 Desember 2015,” katanya di Bandung.

Dia juga mengungkapkan, selama musim kemarau ini, ada sebanyak 60 hektar sawah yang terancam kekeringa. Dia juga mengatakan bahwa patokannya di kabupaten Bandung, jika di Kabupaten Bandung sudah kekeringan, maka daerah lain sudah sangat parah dampak bencana musim kemarau.

“Sumber air di sana, kalau di sana kekeringan berarti tempat lain sudah parah. Di sana hulu Citarum,” kata dia.

Menurut dia, Pemerintah Provinsi Jawa Barat antara lain berencana membeli lahan tempat sumber air serta memasang pipa untuk menyalurkan air ke warga guna membantu mereka mendapat air bersih.

“Misalkan pipanisasi di mata air yang ada, atau kita beli mata air yg dikuasi rakyat, kita beli tanahnya, supaya bisa pipanisasi ke arah penduduk yang membutuhkan. Dan itu perlu didata dulu di mana mata air yang dikuasi oleh pribadi di masyarakat sebaiknya dikuasi pemerintah,” kata dia.

Selain secara teknis sudah diusahakan, aktor senior ini juga berharap seluruh masyarakat Jawa Barat menggelar sholat Istisqo. “Ini bencana karena alam, imbauan pertama adalah satu shalat istisqo dan ternyata turun hujan di beberapa tempat, kemarin Kabupaten Bandung turun hujan juga sekitar tiga jam, gede hujannya,” kata dia.

Share This

Leave a Reply