Setelah Dua Kali Gagal Lelang, Gasibu Siap Disulap Jadi Taman Keren

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Setelah dua kali gagal lelang, revitalisasi Lapangan Gasibu, Kota Bandung akhirnya akan segera diwujudkan.

Menurut Kepala Biro Humas, Protokol, dan Umum (HPU) Setda Pemprov Jawa Barat Ruddy Gandakusumah, peluncuran revitalisasi Lapangan Gasibu akan dilakukan besok, Rabu (19/8).

“Insya Allah, Rabu besok itu akan dilakukan launching revitalisasi Gasibu yang sebelumnya gagal lelang dua kali. Tapi alhamdulillah sekarang bisa terealisasi revitalisasi ini,” kata Ruddy saat ditemui Jurnal Bandung di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (18/8).

Ruddy menegaskan, revitalisasi yang dilakukan tidak akan mengubah fungsi utama Lapangan Gasibu sebagai joging track (arena lari) dan tempat upacara.

Revitalisasi semata-mata dilakukan untuk menambah fasilitas dan mempercantik Lapangan Gasibu sebagai ruang publik warga Jabar, khususnya warga Kota Bandung.

“Dengan adanya revitaliasi tersebut, maka kawasan itu akan dilengkapi dengan taman tematik, perpustakaan, mushola, air mancur, toilet yang lebih baik, dan lain-lain,” sebutnya.

Dia mengungkapkan, awalnya, Pemprov Jabar mengalokasikan anggaran sebesar Rp25 miliar untuk revitalisasi tersebut. Namun, yang terealisasi hanya Rp16 miliar.

“Jadi karena waktu yang mepet, akhirnya yang berhasil dilelang di LPSE itu hanya segitu (Rp16 miliar),” ungkapnya.

Menurutnya, sejumlah arsitek lokal akan dilibatkan dalam revitalisasi Lapangan Gasibu, selain juga melibatkan Dinas Permukiman dan Perumahan (Diskimrum) Jabar.

“Kami dari Biro HPU hanya pemeliharaan, tapi kegiatan proyeknya itu ada di Dinas Kimrum” katanya seraya menambahkan, revitalisasi Lapangan Gasibu ditargetkan selesai Desember 2015 mendatang.

Share This

Leave a Reply