Setahun, Nilai CSR Jabar Tembus Rp100 Miliar Lebih

Oleh: Bayu Wicaksana

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Dana sosial perusahaan (CSR) dinilai sangat membantu pemerintah pelaksanaan pembangunan.

Terlebih, kekuatan anggaran pemerintah terbatas, sehingga belum tentu mampu mengatasi setiap persoalan yang ada.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, CSR sangat membantu dalam mengatasi sejumlah permasalahan di Jabar.

“Luar biasa. Apabila digerakan, akan banyak menyelesaikan masalah gara-gara kecilnya atau anggaran tidak cukup,” ungkap Heryawan dalam peresmian proyek-proyek CSR Jabar 2016, di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (2/3).

Heryawan menyebut, sejak 2015 lalu hingga saat ini, nilai CSR yang tercatat mencapai Rp100,52 miliar yang diperoleh dari sekitar 55 perusahaan, baik BUMD, BUMN, dan swasta.

Heryawan optimistis jumlah ini akan terus bertambah karena masih banyak perusahaan yang belum melaporkan CSR-nya.

Menurut Heryawan, Pemprov Jabar sendiri hanya memberikan data dan jenis kegiatan apa saja yang bisa dibantu CSR.

“Peran pemprov fasilitasi, tidak ada peran apa pun. Kami punya masalah ini, yang perlu dibantu bersama-sama. Jadi tidak ada uang sepeser pun yang masuk ke provinsi, tidak menerima,” paparnya.

Sebagai contoh, Heryawan menyebut, CSR ini digunakan untuk pembangunan ruang kelas baru. CSR pun digunakan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat.

Selain itu, menurut Heryawan, CSR digunakan juga untuk menjaga kelestarian lingkungan, seperti pengelolaan sampah dan penyediaan air bersih.

Lebih lanjut Heryawan berharap, ke depan, CSR bisa digunakan untuk memperindah garis pantai selatan Jabar.

Menurutnya, Jabar memiliki garis pantai yang panjang. Ini merupakan potensi yang baik untuk kepariwisataan Jabar, asalkan dikelola dengan baik.

“Kalau pantai selatan dijadikan kawasan pantai tanpa ada kerusakan apa pun, bibir pantai dari mulai Pangandaran sampai Palabuhan ratu, ini bisa jadi pantai terpanjang di dunia. Masing-masing perusahaan ambil 100 meter saja, itu luar biasa,” pungkasnya.

Leave a Reply