Serda Laman, Babinsa Terbaik Menerima Penghargaan Pasca Upacara HUT Sumedang ke -439

Oleh: Dadan Burhan AA

Jurnalbandung.com – Ada suasana yang berbeda dalam upacara apel peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Sumedang ke 439 yang digelar di Alun-alun Sumedang, Senin (17/4).

Pasalnya, Babinsa Desa Buahdua Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang, Serda Laman yang menghadiri undangan upacara peringatan tersebut merupakan salah seorang yang menerima penghargaan.

“Penghargaan merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bisa menjadi babinsa Teladan dan Terbaik di Jajaran Wilayah Kodim 0610. Bahkan, sebuah penghargaan bagi kami sekeluarga serta jajaran TNI pada umumnya, bahwa hingga kini masyarakat Kabupaten Sumedang masih percaya terhadap TNI,” ungkap Serda Laman usai menerima Piagam Penghargaan, uang kadedeuh dan seperangkat baju seragam baru. Senin (17/4).

Serda Laman mengaku, dirinya tak menyangka akan mendapat penghargaan dari Bupati Sumedang dan Dandim.

“Sebagai Babinsa selalu siap melaksanakan tugas mengamankan wilayah khususnya di Desa Buahdua tempatnya binaanya dimana bertugas,” ucapnya.

Sementara, Bupati Sumedang H Eka Setiawan dan Dandim 0610 Letkol Arm I Made Mertha Yasa memberi apresiasi terhadap kinerjanya yang selalu sigap mengamankan dan menciptakan serta membangun kondusifitas di wilayah Desa Binaanya.

“Sebagai apresiasi saya berikan penghargaan,” ungkap Eka.

Menurut Eka, mengusung pelayanan prima, Kodim sudah sangat kooperatif dan memperhatikan keamanan dan kenyamanan suatu daerah. Babinsa harus terjun langsung ke masyarakat, jadi sarana dan prasarana tersebut untuk memudahkan operasional jajaran.

“Terutama di wilayah Sumedang beberapa waktu lalu sukses dalam melakukan program cetak sawah baru. Keberhasilan ini tak luput dari kerja keras Babinsa di daerah, untuk itu saya ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya,” ungkapnya.

Sementara, Dandim 0610 Sumedang, Letkol Arm I Made Merthayasa mengungkapkan, Babinsa selain dalam menjaga tugas pembinaan kemananan dan ketertiban, Babinsa juga dituntut untuk bisa mengantisipasi segala indikasi gejolak sosial di daerahnya. Selain itu dari Babinsa yang merupakan tiga Pilar desa harus ikut berperan aktif dalam setiap kegiatan di desa.

“Babinsa itu ujung tombak TNI di masyarakat, dan elemen yang paling sering dan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Untuk itu, Babinsa mengemban tugas yang berat. Namun saya selalu tekankan kepada jajaran agar berperan aktif dalam setiap kegiatan program pembangunan di desa dan membaur dengan masyarakat,” ujar Dandim.

Di sisi lain I Made mengatakan TNI akan menerjunkan untuk membantu program pertanian dan memotivasi para petani. Hal itu guna mempercepat proses keberhasilan mewujudkan ketahanan pangan Nasional.

Bahwa seluruh prajurit TNI, sambung I Made, khususnya Babinsa yang berada di satuan teritorial sudah siap untuk turun ke lapangan langsung dalam melaksanakan ketahanan pangan. Selain itu bersama masyarakat, Babinsa siap mensukseskan Swasembada Pangan sesuai Instruksi Presiden Jokowi beberapa waktu yang lalu.

“Sesuai intruksi pusat, TNI juga siap membantu swasembada pangan di daerah,” pungkas Dandim

Share This

Leave a Reply