Sepanjang Pantai Pangandaran Dipastikan Bersih dari PKL

Oleh : Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintah Kabupaten Pangandaran. Pasalnya Pemkab Pangandaran telah mampu mengatasi para Pedagang Kaki Lima (PKL) disepanjang pantai Pangandaran.

Pria yang akrab disapa Aher ini mengatakan,  penataan PKL di Pantai Barat dan Timur, lanjut dia, memang diharapkan akan lebih menyedot para turis datang lebih banyak. Sebab, mereka akan makan, belanja, hingga membeli oleh-oleh di lokasi yang lebih representatif.

Disediakan gedung hingga tiga lantai, sehingga belanja tak perlu lagi di bawah naungan tenda. Terlebih, seluruh PKL mampu ditampung sehingga pariwisata Pangandaran bisa lebih maju.

“Saya kira awal-awal akan transisi, tapi di Bali pun, belanja oleh-oleh kan tidak di pinggir pantai namun ada kawasan khusus untuk belanja. Pak Bupati pun jamin takkan ada PKL baru, karena pengawasan nanti ada Pol PP dan Satgas Jaga Lembur,” katanya.

Aher secara khusus apresiasi Satgas Jaga Lembur, semacam Pecalang di Bali, yang juga hadir di Pangandaran antara lain menjaga ketertiban dari PKL. Hal ini dinilai saling melengkapi dengan Satpol PP yang bersifat kedinasan, namun Pasukan Jaga Lembur lebih menggunakan pendekatan budaya dan sosial.

“Jadi mulai Januari ini, masyarakat harus tahu kalau kawasan pantai Pangandaran sudah bebas PKL. Silahkan kunjungi obyek wisata ini, kawasan Pantai Barat dan Timur bener-bener sekarang sudah beda, lebih bersih, tertib dan indah, jadi silakan nikmati dan jangan lupa belanja di sini,” pungkasnya.

Share This

Leave a Reply