Seniman Asal Kabupaten Bandung Ini Simpan Banyak Harapan Pada Muhaimin Iskandar

Oleh : Redaksi

Jurnalbandung.com – Seorang seniman muda asal Kabupaten Bandung menitipkan lukisan bergambar Muhaimin Iskandar kepada Anggota DPR RI Cucun Syamsurijal untuk diberikan kepada Ketua Umum PKB tersebut.

Adalah Iman, pemuda asal Kampung Jelekong Kabupaten Bandung, punya banyak harapan yang dititipkan kepada Muhaimin Iskandar.

Iman mengatakan bahwa maksud dari pemberian lukisan tersebut sebagai simbol harapan masyarakat Jelekong yang ingin menitipkan visi kebudayaan jelekong kepada Muhaimin Iskandar.

“Saya melihat beliau (Muhaimin) masih muda, saya sebagai pemuda beranggapan kalau beliau juga mempunyai visi yang sama, termasuk dalam pengembangan kesenian dan kebudayaan,” tutur Iman beberapa waktu lalu.

Dengan lukisan tersebut Iman mengatakan bahwa seniman banyak berharap kepada Muhaimin untuk bisa lebih memperhatikan nasib para pelaku seni dan budaya di Kampung Jelekong khususnya dan Indonesia pada umumnya.

“Budaya merupakan salah satu pemersatu bangsa dan saya yakin kalau Muhaimin sebagai salah satu pemimpin muda, mempunyai visi yang sama dengan visi Jelekong yakni martabat satu negara dapat diukur dari budayanya,” paparnya.

Cucun Ahmad Syamsurijal menjamin lukisan titipan dari seniman Jelekong tersebut akan sampai kepada Muhaimin Iskamdar.

“Saya siap memfasilitasi aspirasi melalui karya seni ini untuk diberikan kepada Cak Imin,” ujarnya.

Terkait harapan para seniman di Kampung Jelekong, Cucun mengatakan bahwa selama ini Muhaimin cukup konsen dalam keberagaman yang mana seni budaya berada di dalamnya.

“Cak Imin merupakan orang yang faham akan sejarah berdirinya Islam di Indonesia. Beliau selalu mengatakan bahwa penyebaran Islam oleh walisongo melalui pendekatan seni dan budaya, jadi Insya Alloh pesan dari seniman Jelekong ini akan disambut baik,” tutupnya.

Dalam rangkaian acara itu dilakukan dialog agama dan budaya yang menyinggung  Islam Nusantara dalam kearifan lokal.

Leave a Reply