Sembilan Kali Berturut-turut, Gubernur Jabar Kembali Sabet Penghargaan K3

Oleh: Redaksi

Jurnalbandung.com – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan kembali menerima penghargaan Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans).

Penghargaan ini sudah diterima Ahmad Heryawan berturut-turut sejak 2009 lalu. Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Hanif Dhakiri pada Malam Anugerah K3 Tahun 2017 di ruang Birawa Hotel Bidakara, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (19/7/2017) malam.

Ditemui terpisah, Gubernur yang akrab disapa Aher itu mengatakan, penghargaan ini sebagai wujud perhatian pemerintah terhadap K3 kepada para pekerja di Jabar.

“Kita berharap, setiap perusahaan di Jabar bersungguh-sungguh memperhatikan K3, sehingga mampu meningkatkan aspek perlindungan pekerja, mutu kerja, dan produktivitasnya,” kata Aher di Bandung, Kamis (20/7/2017).

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jabar Ferry Sofwan yang mewakili Gubernur menerima penghargaan mengatakan, penghargaan ini diberikan untuk memotivasi kepala daerah yang telah berhasil membina K3, sehingga perusahaan di wilayahnya berhasil menerapkan program K3.

“Selain kepala daerah, ada juga beberapa perusahaan yang akan menerima penghargaan K3, hal ini dilakukan dalam rangka mendorong kemandirian perusahaan dalam melaksanakan program keselamatan dan kesehatan kerja,” katanya.

Perusahaan-perusahaan yang telah selesai melaksanakan audit Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) oleh Lembaga Audit SMK3, maka akan diberikan sertifikat dan bendera penghargaan sesuai dengan tingkat pencapaiannya.

Penerapan SMK3 tersebut sifatnya wajib bagi perusahaan yg mempekerjakan paling sedikit 100 pekerja dan mempunyai tingkat potensi bahaya tinggi.

“Penerima penghargaan SMK3 tahun 2017 dari Jawa Barat sebanyak 162 perusahaan dari 21 kabupaten/kota se-Jawa Barat,” pungkasnya.

Share This

Leave a Reply