Semalam, Dua Kantor Desa di Cicalengka Disatroni Pencuri

Oleh: Dadan Burhan AA

Jurnalbandung.com – Kawanan pencuri menyatroni kantor desa. Bahkan, dalam waktu yang hampir bersamaan, pencuri menggasak barang-barang di dua kantor desa, yakni Desa Narawita dan kantor Desa Margaasih di Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Kamis (17/11) dini hari.

Berdasarkan data yang dihimpun jurnalbandung.com, pencuri masuk kantor Desa Narawita lewat lubang ventilasi ruangan sekretaris desa. Pencuri berhasil menggasak uang pajak dan beras dengan nilai sekitar Rp5 juta dan satu unit infocus.

Sementara, di kantor Desa Margaasih, pencuri berhasil membawa kabur satu unit laptop merek HP yang disimpan di laci ruang kerja di ruang pelayanan publik. Sama hanya dengan peristiwa di kantor Desa Narawita, pencuri juga masuk melalui lubang ventilasi.

Kepala Dusun 2 Desa Narawita Sunarya, 39, memperkirakan, kawanan pencuri itu beraksi sekitar pukul 02.00 dini hari. Pencuri juga sempat merusak pintu ruang sekdes dan mengacak-acak berkas di ruang pelayan publik.

“Kebetulan yang piket sedang sakit. Terus saya coba ngecek, pas buka kantor desa, liat kondisi pelayanan publik acak-acakan. Pas di cek Pak Kades, uang sama infocus hilang,” ungkapnya.

Sementara, menurut salah seorang perangkat Desa Margaasih Jajang, 45, menduga, pencuri masuk ke dalam kantornya sekitar pukul 02.30 WIB dini hari.

Pasalnya, sekitar pukul 01.00 WIB, kata Jajang, masih ada warga yang sedang bermain badminton di kantor desa tesebut.

“Ketahuannya sekitar jam 04.30 WIB sama Pak Dudung Kasi Umum. Masuknya lewat ventilasi ukuran kira-kira 30×40 centimeter di bekas kamar mandi ruangan Pak kades,” katanya.

Jajang menduga,  kawanan pencuri tersebut lebih dari dua orang. Pasalnya, ada bekas jejak kaki berbeda yang menempel di dinding dan lantai Kantor Desa. Bahkan, beberapa laci dan tempat penyimpanan berkas juga rusak.

“Kayanya pencuri ngacak-acak laci, tapi yang diambil hanya Laptop merek HP aja. Laptop yang satunya enggak kebawa soalnya disimpan di lemari besi,” terangnya.

Kapolsek Cicalengka Kompol Asep Gunawan melalui Kanit Reskim AKP Iwan Kusmawan menduga, pelaku pencurian di Desa Margaasih dan Narawita, Kecamatam Cicalengka, Kabupaten Bandung merupakan pelaku yang sama.

Menurut Iwan, dugaan tersebut berdasarkan dari modus yang dilakukan saat masuk ke dalam kantor desa dimana sama-sama melalui lubang ventilasi. Selain itu, aksi pencurian dilakukan dalam waktu yang hampir bersamaan, yakni Kamis (17/11) dini hari.

“Dugaan kami sementara, pelaku pencurian ini sama pelakunya. Pola pencuriannya juga sama. Kami menduga, pelaku lebih dari dua orang,” ujar Iwan di Mapolsek Cicalengka.

Menurut dia, polisi kini tengah mengumpulkan bukti di lapangan dan menghimpun keterangan dari para saksi untuk proses penyelidikan lebih lanjut.

Dengan begitu, pihak kepolisian dapat mengembangkan penyelidikan dan mengerucut kepada siapa pelaku pencurian tersebut.

“Kami menyarankan agar tokoh masyarakat, kepala desa di Cicalengka kembali menghidupkan ronda malam untuk menekan dan mengantisipasi gangguan Kamtibmas” khususnya di wilayah hukum Polsek Cicalengka,” pungkasnya

Leave a Reply