Sekda Jabar Beberkan Trik Jitu Raih Pendapatan Optimal Bagi Dispenda Se-Indonesia

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Iwa Karniwa membeberkan trik jitu untuk mengoptimalkan pendapatan daerah.

Trik-trik tersebut disampaikan Iwa dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dispenda se-Indonesia bertajuk “Optimalisasi Pendapatan” yang digelar di Hotel Preanger, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Rabu (16/12).

Dalam Rakernas yang berlangsung hingga Kamis (17/12) tersebut, Iwa membeberkan trik-trik jitunya. Menurutnya, sedikitnya ada tiga cara untuk meraih pendapatan daerah yang optimal, yakni penguatan kelembagaan, strategi penerimaan, dan kerja sama antardaerah.

Rakernas ini pun, lanjut Iwa, menjadi sangat strategis bagi Dispenda se-Indonesia. Sebab, 2016 mendatang, pemerintah daerah diprediksi menghadapi banyak tantangan, salah satunya terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Pengganti PP Nomor 41/2007 tentang Pedoman Pembentukan Organisasi Perangkat Daerah.

“Sehingga koordinasi perlu diperkuat,” tegasnya.

Iwa juga meminta Rakernas tidak hanya dimanfaatkan untuk menelaah persoalan-persoalan efektivitas manajemen pendapatan daerah semata, melainkan kelanjutan kelembagaannya yang perlu dipikirkan bersama.

Selain itu, lanjut Iwa, terkait dengan keseimbangan dan kapasitas pertumbuhan PDRB, skema penguatan pendapatan dan penerimaan pajak pun harus dirumuskan. Sehingga, kontribusi Dispenda dalam penyediaan pendanaan pembangunan daerah semakin kuat.

“Penting juga koordinasi dengan beberapa provinsi agar menjadi kuat,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dispenda Jabar Dadang Suharto mengatakan, Rakernas ini akan dimanfaatkan untuk melahirkan rekomendasi tentang format kelembagaan unit pengelola pendapatan daerah yang tepat.

Selain itu, dengan bertemunya perwakilan Dispenda se-Indonesia, Forum Dispenda se-Indonesia yang sebelumnya vakum pun bisa kembali aktif.

“Ini dalam rangka sinergitas, termasuk saling mempelajari strategi raihan pendapatan ke depan,” ucapnya.

Leave a Reply