Segera Hadir Pesawat Buatan dalam Negeri yang Lebih Canggih

Oleh: Yuga Khalifatusalam
20140910_105835

Jurnal Bandung – Bacharuddin Jusuf Habibie akan gandeng pemerintah provinsi Jawa Barat untuk memproduksi pesawat komersil dengan nama R80. Pesawat tersebut berkapasitas antara 80-90 orang, Menurut BJ Habibie, Sebenrnya pesawat R80 memiliki bentuk hampir sama dengan N250 yang pernah berjaya di era-1990an.

“Jabar dipilih untuk first flight R80 yang ditargetkan pada 2018 mendatang,” katanya kepada wartawan saat ditemui usai melakukan pertemuan tertutup dengan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di gedung Oakuan Bandung, Rabu (10/9).

Pemprov Jawa Barat dipilih untuk bekerja sama bukan tanpa alasan, karena memang lanjut Habiebie selain ada PT DI, Jawa Barat juga akan segera mempunyai bandara internasional. “Insya Allah 2017-2018 akan first flight sambil menunggu sertifikasi kelayakan udara.
Saya dengar pemerintah Jabar sedang membuat Bandara Kertajati,” kata Habibie.

Dalam kesempatan tersebut dia menjelaskan revolusi dari pesawat N250 ini secara teknologi sudah lebih canggih. Secara bypass ratio 40 dan bisa lebih hemat bahan bakar mencapai 30 persen. Pesawat ini juga dapat dikendalikan secara elektronik atau dikenal istilah fly by wire.

Selain itu baling-baling yang ada di sayap juga adalah salah satu teknologi anyarnya. Baling-baling ini dapat menentukan antara angin dingin dan angin panas yang dihasilkan dari mesin. Dengan teknologi ini pesawat dapat kecepatan tinggi.

Dia mengaku bahwa pesawat R80 tersebut merupakan mimpi Habibie sejak lama. Menurut pria yang kini berusia 78 tahun tersebut, bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan sehingga membutuhkan pesawat terbang yang mampu menghubungkan satu pulau ke pulau lain yang lebih banyak.

“Negara kita ini dilahirkan secara maritim, sehingga Indonesia enggak bisa hanya mengandalkan KA atau wahana lain. Tapi pesawat sangat dibutuhkan,” pungkasnya.

Share This

Leave a Reply