Satu Dari Tiga Pejabat Eselon II Pemprov Jabar Akan Ditunjuk Menjadi Plt Bupati Tasikmalaya

Oleh: Bayu Wicaksana

foto net
foto net

Jurnal Bandung – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan akan menyiapkan sejumlah nama dari pejabat eselon II untuk dijadikan pelaksana tugas (Plt) Bupati Tasikmalaya menyusul mundurnya jadwal pemilihan kepala daerah (pilkada) di kabupaten tersebut.

Seperti diketahui, usai ditutupnya masa pendaftaran pilkada oleh KPU Kabupaten Tasikmalaya, tidak ada kandidat lain yang mendaftar selain pasangan petahana (incumbent).

“Makanya, secara perundangan-undangan, saya diwajibkan mengajukan tiga calon plt untuk nantinya ditunjuk jadi satu orang plt,” ujar Aher, sapaan akrab Gubernur kepada Jurnal Bandung, di Bandung, Kamis (13/8).

Aher menjelaskan, masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya akan selesai Maret 2016 mendatang. Oleh karena itu, kata Aher, pengajuan nama calon plt akan dilakukan 40 hari sebelum masa jabatan habis.

Aher pun memastikan roda pemerintahan di Kabupaten Tasikmalaya tidak akan terganggu meski tidak memiliki kepala daerah definitif.

“Insya Allah tidak ada masalah,” katanya seraya mengakui jika kinerja plt memang tidak akan seperti pejabat definitif.

Lebih lanjut Aher mengatakan, sejauh ini, KPU Kabupaten Tasikmalaya sudah baik dalam menjalankan tugasnya. Adanya calong tunggal murni karena tidak adanya upaya dari partai yang tidak mengusung calon.

“Ini kan karena hingga batas waktu yang ditentukan, tidak ada lagi yang mendaftar. Sehingga diundur,” pungkasnya.

Share This

Leave a Reply